Bupati Sergai Kunjungi Wisata Tani Zanzibar

Selasa, September 24th 2019. | Internasional | Dibaca : 52 Kali

ZANZIBAR, WARTATODAY.COM – Sebelum kembali ke Indonesia, Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman yang didaulat sebagai Pembicara dengan tajuk ” How to strengthen potential of religious Actors in Promoting Peace ” di Zanzibar Tanzania menyempatkan diri untuk melihat potensi pertanian di negara yang dikenal bebas sampah plastik itu.

Demikian disampaikan Bupati Sergai melalui pesan WhatsApp kepada Kadis Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Drs H Akmal M.Si langsung dari Zanzibar, Tanzania, Senin (23/9) malam.

Sebagai Ketua Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (PERHIPTANI) saya sekalian ingin lihat lapangan. Rupanya di hotel-hotel Zanzibar ada semua paket tour rempah-rempah. Bersama Syarif seorang guide rombongan tiba di Desa Rempah bernama “ Kizimbàni Spice Farm “ 12 km sebelah timur Stonetown Zanzibar, ujar Bupati.

Disana rombongan langsung melihat tanaman lipstik flower (kutek), minyak cengkeh, sabun dan lainnya buatan masyarakat setempat yang ditawarkan untuk oleh-oleh yang bahan bakunya berasal dari budi daya tanaman.

Melihat realita di Kota Zanzibar, tentu menjadi tantangan buat Indonesia terutama para penyuluh pertanian didesa. Potensi kita luar biasa dalam segala hal dibanding Zanzibar. Jenis tanaman, pola dan produktifitas. Tata guna dan olah lahan dan keunggulan lainnya. “ Sayangnya belum dikemas dan kurang dipromosikan dengan optimal,” kata bupati.

“ Kalau Desa Kizimbani Zanzibar dalam waktu 1 jam bisa hasilkan TS 60.000 atau Rp 360.000,- tentu desa wisata Sergai bisa seperti itu. Tinggal ide dan inisiatif yang perlu dikembangkan. Apalagi Desa Melati II sudah disentuh oleh Kemendes RI melalui PIID-PEL (Program Inkubasi Innovasi Desa – Penguatan Ekonomi Lokal), ujar bupati yang sempat belanja oleh-oleh disana. (ARM)

print

Sharing is caring!

tags:

Related For Bupati Sergai Kunjungi Wisata Tani Zanzibar