Sumatera Utara Juara Umum Kejurnas Inkanas Piala Kapolri 2019

Senin, Maret 11th 2019. | Regional, SPORT | Dibaca : 293 Kali

Ketua Pengda Inkanas Sumut H Umar Zunaidi Hasibuan saat melepas Kontingen Sumut mengikuti Kejurnas Inkanas Piala Kapolri 2019 dari halaman Mapolda Sumut, Selasa (5/3/2019) lalu.- (Poto : ist)

PADANG, WARTATODAY.COM – Kontingen Karateka Inkanas Sumatera Utara (Sumut) berhasil keluar sebagai Juara Umum Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Inkanas Piala Kapolri ke-VIII yang digelar di GOR Universutas Negeri Padang (UNP), kota Padang, Sumatera Barat, 8-10 Maret 2019.

Ketua panitia Kejurnas Kombes Pol M Agus Fajar di Padang, Minggu (10/3/2019) menyebutkan keberhasilan Sumatera Utara keluar menjadi yang terbaik dalam kejurbas itu setelah berhasil mengumpulkan 27 medali emas, 16 perak dan 22 perunggu.

Untuk eringkat kedua diraih oleh Propinsi Jawa Barat (Jabar) dengan raihan mendali 21 Emas, Delapan Perak dan 25 Perunggu. Sedangkan peringkat ketiga disabet DKI Jakarta yang berstatus sebagai juara bertahan dengan raihan mendali 16 emas, 30 perak dan 19 perunggu.

Sementara untuk tuan rumah sendiri yang mengirimkan dua tim yakni Sumbar A menempati peringkat keenam dengan perolehan empat medali emas, 13 perak dan 26 perunggu. Kemudian untuk tim Sumbar B sendiri hanya mampu di peringkat ke 18 dengan perolehan dua perak dan satu perunggu.

Kemudian untuk pemenang setiap kategori, untuk Kategori Usia Dini dimenangkan oleh DKI Jakarta dengan perolehan enam medali emas, enam perak dan empat perunggu. Selanjutnya Kategori Pemula juga dimenangkan oleh DKI Jakarta dengan tiga emas, enam perak dan empat perunggu.

Setelah itu untuk kategori Kadet dan Junior berhasil dimenangkan oleh Sumut dengan lima medali emas, enam perak dan 10 perunggu. Kemudian untuk Kategori di bawah 21 tahun juga dimenangkan oleh Sumatera Utara dengan enam medali emas, satu perak dan tiga perunggu.

Pada kategori Senior juga diraih Sumatera Utara dengan enam emas, dua perak dan satu perunggu. Setelah itu untuk Kategori TNI dimenangkan oleh Jawa Barat dengan dua emas, satu perak dan enam perunggu.

Kemudian untuk kategori Polri dimenangkan oleh Kepulauan Riau dengan tiga emas dan dua perunggu. Selanjutnya kategori Veteran juga dimenangkan oleh Sumatera Utara dengan satu emas, satu perak dan satu perunggu.

Agus Fajar mengatakan, meskipun Polda Sumbar dalam gelaran ini tidak dapat mempertahankan gelar sebagai juara bertahan kageori Polri namun pihaknya cukup berbangga telah sukses menggelar kejurnas ini.

“Kita bersyukur agenda besar ini dapat berjalan dengan baik, aman dan lancar bahkan tamu undangan merasa nyaman dengan pelayanan kita sebagai tuan rumah,” katanya.

Sementara Ketua tim Sumatera Utara Joni Hasman mengucapkan syukur atas keberhasilan kontingen Sumatera Utara yang keluar sebagai juara umum dalam kejurnas ini. “Kami telah mempersiapkan tim ini sejak enam bulan yang lalu dan berkat kerja keras dan usaha anak-anak berhasil mengumpulkan medali terbanyak,” sebutbya

Dia mengatakan tim Sumatera Utara membawa 148 orang ke Kota Padang, dimana kekuatan kontingen adalah pada atlet usia muda. “Kami berhasil menjadi yang terbaik di kategori kadet dan junior serta usia di bawah 21 tahun, ini tentu akan kita pertahankan pada kejurnas mendatang,” demikian Joni.- (ant)

Sumber : antarasumbar
print

Sharing is caring!

tags: , , , ,

Related For Sumatera Utara Juara Umum Kejurnas Inkanas Piala Kapolri 2019