3 Perempuan Ini Diprediksi Akan Warnai DPRD Labura 2019 – 2024

Selasa, Januari 29th 2019. | KOLOM, Labuhanbatu Utara, POLITIK | Dibaca : 1.604 Kali

Catatan : Darrenz Nababan

Keterwakilan perempuan di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Labuhanbatu Utara diprediksi akan bertambah. Tak seperti periode lalu (2014 – 2019) yang hanya diwarnai oleh satu orang perempuan, Afriyanti Simangunsong S.ST, periode kali ini banyak kalangan memprediksi, ia takkan lagi menjadi satu-satunya anggota dewan perempuan.

Survey dilakukan wartawan di delapan (8) kecamatan di Labura, terdapat 3 sosok perempuan yang diyakini sangat potensial untuk melenggang manis menuju kursi di Gedung DPRD Labura masa bakti 2019 – 2024. Ketiga sosok perempuan ini adalah :

Afriyanti Simangunsong S. ST
Perempuan kelahiran Aek Kanopan 10 April 1990 ini, dalam kontestasi pemilihan legislatif (pileg) kali ini, juga turut bertarung menuju kursi empuk DPRD.

Meskipun sempat berhenti di tengah jalan dengan Pergantian Antar Waktu (PAW) karena perpindahannya dari Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) ke Partai Gerakan Indonesia Raya (GERINDRA), langkah dan gerakan sosialisasi Afriyanti masih terlihat mantap.

Banyak kalangan di Daerah Pemilihan I Kualuh Hulu yang meyakini bahwa Afriyanti dengan nomor urut 2 ini bakal melangkah mulus menuju Gedung DPRD Labura. Sosialisasi demi sosialosasi yang dilakukan olehnya dan tim-tim suksesnya, dalam amatan penulis, tampak selalu dihadiri dengan antusias oleh masyarakat yang menjadi konstituennya.

Pengalamannya selama 4 tahun menjadi anggota dewan tentu akan menjadi modal yang akan sangat banyak membantunya dalam meraih hati rakyat. Terbiasa berinteraksi dengan rakyat selama menjabat, akan membuatnya tidak canggung lagi dalam menampung dan menerima aspirasi konstituennya.

Siti Nurhasanah M. Pd
Perempuan yang kesehariannya ini bekerja sebagai Kepala Madrasah Tsanawiyah (MTs) Swasta Padang Maninjau, bagi masyarakat di Dapil IV Marbau – Aek Kuo bukan lagi sosok yang asing.

Selain aktif di dunia pendidikan, perempuan kelahiran 10 Februari 1985 ini juga aktif dalam organisasi yang berkaitan dengan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) kreatifitas perempuan. Catatan wartawan, perempuan 33 tahun ini juga sangat aktif dalam Program Pembinaan Kesejahteraan Keluarga di Desa Padang Maninjau, Kecamatan Aek Kuo.

Saat ini, Nana, demikian sapaan akrabnya, sedang berjuang keras demi memperbesar peranannya dalam memperjuangkan kemajuan dunia pendidikan dan kaum perempuan di Labuhanbatu Utara.

Menurutnya, satu-satunya jalan untuk bisa mewujudkan itu adalah dengan terjun ke dunia politik dan mencalonkan diri menjadi legislator di daerah yang merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Labuhanbatu ini.

“Perempuan Cerdas, Perempuan Berdaya, Perempuan Bahagia”, demikian jargon politik yang diusungnya. Dituturkannya, jika perempuan cerdas, perempuan berdaya dan bahagia, maka dengan sendirinya akan tercipta keluarga yang bahagia. Rakyat cerdas dan kuat serta berdaya saing tinggi adalah manifestasi dari perempuan cerdas yang berdaya dan bahagia.

Samian Dabukke
Ibu empat (4) anak kelahiran Siantar 2 Maret 1970 ini, sekarang sedang menjabat sebagai anggota DPRD Labura pasca pergantian antar waktu yang dilantik pada 24 September 2018 lalu. Samian dilantik sebagai pengganti antar waktu untuk menyelesaikan sisa masa bakti pendahulunya, Almarhum H. M Rulis Harahap yang meninggal dunia, pertengahan tahun lalu.

Pun menjadi anggota dewan sebagai pengganti antar waktu, keberadaannya saat ini di tengah pertarungan meraih simpati masyarakat tak boleh dipandang sebelah mata. Meskipun belum matang di kursi dewan, setidaknya saat ini Samian memiliki semangat yang jauh lebih tinggi dari semangatnya pada pertarungan di tahun 2014 lalu, itu pasti.

Analisa penulis, dalam kontestasi kali ini, Samian akan all out (mengeluarkan) segala daya dan upayanya agar dapat menduduki kembali kursi dewan yang telah di”tongkrongi”nya selama beberapa bulan terakhir ini. Bersama Afriyanti Simangunsong S. ST, kompetitornya di Dapil I Kualuh Hulu, diprediksi Samian akan turut melenggang ke kursi DPRD yang akan menambah keterwakilan perempuan di lembaga terhormat itu.

Pengamatan penulis, saat ini Samian yang merupakan caleg Partai Nasdem dengan nomor urut 3 ini sedang gencar melakukan sosialisasi dan pendekatan – pendekatan kepada masyarakat yang akan menjadi konstituennya. Gerakan dari pintu ke pintu ke pintu yang dilakukannya, dinilai akan cukup efektif untuk meraih simpati masyarakat.

Demikian catatan penulis tentang kemungkinan bertambahnya keterwakilan perempuan di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Labuhanbatu Utara. Andai keyakinan penulis ini menjadi nyata, ketiga perempuan tangguh ini, diharapkan akan mampu menjadi pejuang yang tangguh pula dalam menyuarakan aspirasi kaum perempuan di daerah ini sehingga tercipta cita-cita Perempuan Cerdas, Perempuan Berdaya dan Perempuan Bahagia.

print

Sharing is caring!

tags: ,

Related For 3 Perempuan Ini Diprediksi Akan Warnai DPRD Labura 2019 – 2024