Penghina Nabi Muhammad SAW di Medsos Dituntut 5 Tahun Penjara

Rabu, Juli 18th 2018. | HUKUM, Medan, SUMUT | Dibaca : 74 Kali

Photo : Ilustrasi.- (net)

MEDAN, WARTATODAY.COM – Terdakwa kasus Penghinaan Agama lewat akun media sosial (Medsos) Facebook, Martinus Gulo (21), warga desa Fanedanu, Somambawa, kabupaten Nias Selatan, dituntut Lima tahun penjata oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU), dalam persidangan yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Medan, Rabu (18/7/2018).

Dalam membacakan tuntutannya, JPU menilai terdakwa bersalah melanggar Pasal 28 Ayat 2 UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi Transaksi Elektronik. “Meminta majelis hakim yang memeriksa dan mengadili perkara ini untuk menghukum terdakwa dengan hukuman pidana penjara selama lima tahun,” sebut JPU Aisya yang dibacakan jaksa Joice Sinaga dihadapan majelis Hakim.

JPU menyatakan Martinus telah bersalah menimbulkan ketersinggungan antarumat beragama. Dia dinilai dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).

Atas tuntutan hukum itu, terdakwa Martinus Gulo melalui kuasa hukumnya dalam persidangan tersebut menyampaikan akan mengajukan pembelaan pledoi pada sidang berikutnya. “Kami akan mengajukan pembelaan pada persidangan berikutnya,” sebut kuasa hukum terdakwa kepada Majelis Hakim

Usai mendengar tuntutan dari Jaksa Penuntut Umum kepada terdakwa, majelis hakim selanjutnya menunda sidang hingga pekan depan. “Sidang kita tunda sampai pekan depan,” ujar Hakim.

Pantauan wartawan, persidangan itu berlangsung tertib dan mendapat pengawalan dari pihak kepolisian. Belasan anggota ormas Islam juga ikut memantau jalannya persidangan. Sementara terdakwa yang juga hadir dalam persidangan itu terlihat hanya diam dan tertunduk lemas mendengar dituntut Lima tahun penjara oleh JPU

Dalam dakwaan JPU, Martinus Gulo ditangkap polisi pada 29 Maret 2018 lalu, kemudian menjalalani proses hukum. Penangkapan ini berdasarkan laporan dari Front Pembela Islam (FPI) ke Polrestabes Medan yang mengadukan terdakwa atas unggahannya yang menghina Nabi Muhammad SAW di sosial Facebook.- (ROL)

Sumber : republika.co.id
print

Sharing is caring!

tags: , , ,

Related For Penghina Nabi Muhammad SAW di Medsos Dituntut 5 Tahun Penjara