Bupati Sergai Buka Lomba masak Ikan dan Gelar Dagang

Selasa, September 18th 2018. | RAGAM, Serdang Bedagai | Dibaca : 50 Kali

PANTAI CERMIN, WARTATODAY.COM – Bupati Serdang Bedagai,Selasa (18/9) membuka kegitan lomba masak ikan dan gelar dagang dalam rangka HARGANAS XXV Tingkat Provinsi Sumut Tahun 2018,di Pantai Pondok Permai Kecamatan Pantai Cermin.Berbagai Ragam menu kesehatan masyarakat dalam mendukung Sergai yang Unggul Inovatif dan Berkelanjutan dilombakan.

Kadis Kanla Sri Wahyuni Pancasilawati, SP, M.Si,dalam menyebutkan tujuan kegiatan ini untuk memperkenalkan ,keanekaragaman masakan berbahan ikan dan inovasi dalam olahan ikan, olahan masak berbahan baku ikan.Selain itu juga untuk meningkatkan konsumsi ikan dalam negeri, melakukan promosi ikan dalam negeri serta menjalin kerjasama antar pedagang se Provsu,tambahnya sembari menyebutkan kgiatan Gelar Dagang terdiri dari 26 stand UKM se Sumut, lombak masak ikan sebanyak  17 peserta dari TP PKK kecamatan se sergai.

Ketua TP PKK Provinsi  Ny Nawa Lubis Ramayadi yang dibacakan oleh Ketua TP PKK Sergai Hj Marliah Soekirman mengatakan,kegiatan terselenggara atas kerjasama BKKBN dan dukungan penuh dari stakeholder terkait serta masyarakat sergai. Selain itu juga kegiatan ini sangat positif karena untuk menggalakkan gerakan masak ikan dan membudayakannya di kalangan masyarakat.

Seperti kita ketahui bahwa profesi masyarakat Sergai sebagai nelayan mencari ikan.  Oleh karenanya Ikan sebagai sumber protein terbesar yang berguna untuk meningkatkan kecerdasan anak hendaknya dapat dikonsumsi bagi seluruh lapisan masyarakat luas.Tahun ini Kabupaten Sergai dipercayakan untuk menjadi tuan rumah pada.

Kegiatan yang diadakan antara lain pameran dan gelar dagang dari kelompok UPPKS se sumut, Pelayanan KB gratis, penyerahan lomba kepada pemenang serta berbagai penampilan dari putera-puteri Sergai.

Ditempat yang sama, Kepala BKKBN Drs. Temazaro Zega, M.Kes
mengemukakan,setiap daerah wajib melaksanakan kegiatan Harganas setiap tahun. Untuk Provsu peringatan Harganas dipusatkan di Kabupaten Sergai. Kegiatan ini dilakukan di kabupaten/kota yang program kegiatannya terkait sudah maju meraih prestasi di bidang keluarga berencana.

Bupati Sergai Ir H Soekirman dalam sambutannya sekaligus membuka acara mengatakan,saat ini kita sedang menggalakkan masak ikan, Indonesia masih jauh tertinggal  dari negara Jepang terkait tentang konsumsi ikannya. Orang-orang dahulu makan bersama dengan keluarga yang menunjukkan keakraban dan kebersamaan. Bukan makananya yang utama namun yang  terpenting kebersamaan dalam kekeluargaanya.

Keluarga sebagai tatanan kelembagaan terkecil menjadi sebuah kekuatan dari yang terkecil hingga terbesar di suatu daerah. Dan saat ini makan bersama sudah mulai langkah terjadi.

Terkait dengan Kabupaten Sergai banyak terdapat jenis-jenis ikan. Untuk meningkatkan suatu daerah  lewat pariwisatanya maka harus dikelola marketing riset seperti transportasi  akomodasi dan konsumsi

” Hari ini diadakan lomba masak ikan dan gelar dagang, namun saya berharap untuk label halalan toyiban bukan masalah SARA akan tetapi untuk peningkatan penjualannya,” .

Bupati menyambut baik upaya menggairahkan terutama produksi ikan di sergai. Bagi yang menang dalam lomba masak agar dipromosikan untuk menjadi menu khusus di lokasi pariwisata dan hotel sehingga dapat dinikmati oleh masyarakat secara luas.

Adapun hasil lomba adalah,juara pertama hingga ketiga, Kecamatan Teluk Mengkudu,Perbaungan,dan Dolok Merawan3 lomba masak ikan dari kec Dolok Merawan.(ARM)

print

Sharing is caring!

tags:

Related For Bupati Sergai Buka Lomba masak Ikan dan Gelar Dagang