Bupati Sergai Jamin Stok Sembako Ramadhan Cukup

Selasa, Mei 15th 2018. | EKONOMI, Serdang Bedagai | Dibaca : 93 Kali

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman bersama Kapolres Sergai AKBP Juliarman Eka Pasaribu, S.Sos, SIK, MH melakukan survey harga sekaligus meninjau persediaan sembako.(Fhoto: AR.Manik/WartaToday)

SERGAI I WARTATODAY.COM – Bupati Ir H Soekirman dan Kapolres Sergai AKBP Juliarman Eka Pasaribu, S.Sos, SIK, MH,kunjungi pasar rakyat Desa Bengkel Kec. Perbaungan dan Pasar Sei Rampah Kec.Sei Rampah, Selasa (15/5).Langkah tersebut dilakukan untuk survey harga pasar.Dalam kunjungan tersebut,Bupati menjamin stok sembako pada bulan ramadhan aman.

Bupati yang ditemani beberapa Kepala OPD kepada media menjelaskan,bahwa pemerintah daerah bersama Forkopimda turn kepasar bertujuan meninjau kondisi harga pasar agar terkendali demikian halnya inflasi harga-harga komoditi pokok di daerah serta menge-chek ketersediaan kebutuhan sembako untuk masyarakat.

Pasar Bengkel menjadi sasaran kunjungan karena merupakan satelit pasarnya kota Perbaungan, selain secara silaturahmi pasar bengkel ini belum pernah didatangi oleh pemerintah dalam hal pemantauan harga kebutuhan pokok masyarakat. Sementara untuk pasar Sei Rampah, dipilih karena menjadi pasar rakyat yang terdapat di Ibu Kota Kabupaten sehingga dapat menjadi gambaran kegiatan perekonomian yang terjadi disuatu daerah.

Disampaikannya bahwa menjelang ramadhan tahun ini, stok sembako cukup, bahkan kalau dilihat sebenarnya berlebih. Ukurannya adalah harga bahan bukan naik, malah banyak yang turun. Contohnya : Beras IR 64 Rp. 10.000,-/Kg, minyak goreng curah Rp. 11.000,-/Kg, cabai merah Rp. 27.000,-/Kg, cabai hijau Rp. 14.000 dari harga sebelumnya Rp. 40.000,-, harga daging sapi merata dikisaran harga Rp. 120.000,-/Kg, ayam Rp. 25.000,-/Kg, tepung terigu Rp. 11.000,-/Kg, jengkol Rp. 25.000,-/Kg dari sebelumnya Rp. 60.000,-/Kg, kelapa Rp. 9.000,-/gandeng, harga ikan stabil dan hanya mahal pada jenis ikan tertentu, gula pasir stabil pada harga Rp. 12.000,- s/d Rp. 13.000,-.

Selanjutnya untuk ketersediaan cukup untuk gas LPG, dengan harga Rp. 18.000,- untuk volume 3 kg dan Rp. 120.000,- untuk LPG 12 kg

Jadi fluktuasinya hari ini dari hal yang paling sederhana mulai beras, minyak goreng, jengkol hingga kelapa, daging, ikan serta gula ketersediaan cukup dan tidak mengalami kenaikan harga yang signifikan. Dengan tidak adanya depresi harga yang signifikan antara kota besar dan kota daerah termasuk pasar mingguan artinya stok komoditi cukup dan harga stabil.

Justru yang dikhawatirkan adalah stok komiditi banyak namun jumlah pembeli yang sedikit sehingga mengakibatkan harga komiditi tersebut menjadi murah. Contoh jika harga sayuran murah, maka petani sayur malah memilih tidak memanennya, dan kita tidak inginkan hal itu terjadi karena kita juga harus dapat menolong para petani sayur tersebut.

Semntara Kapolres Sergai AKBP Juliarman Eka Pasaribu, S.Sos, SIK, M.Si,mengatakan,dengan stabilnya harga sembako serta ketersediaan yang cukup tersebut, dihimbau masyarakat untuk tetap menjaga kebersamaan serta bekerjasama dengan pihak keamanan yaitu Polri dan TNI dalam hal menjaga situasi kamtibmas sehingga masyarakat di Kabupaten Sergai tetap suasana yang kondusif menjelang ramadhan dan Idul Fitri.(ARM)

print

Sharing is caring!

tags: ,

Related For Bupati Sergai Jamin Stok Sembako Ramadhan Cukup