Bupati Sergai Lantik 120 Pejabat Fungsional

Senin, Agustus 6th 2018. | RAGAM, Serdang Bedagai | Dibaca : 178 Kali

SEI RAMPAH I WARTATODAY.COM – Bupati Sergai Ir H Soekirman melantik 120 pejabat fungsional Senin (6/8) diAula Sultan Serdang kompleks kantor Bupati Sergai di Sei Rampah.Hadir Sekdakab Drs. Hadi Winarno, MM, Asisten Ekbangsos Ir. Kaharuddin, Staf Ahli Bupati, Kadis Pendidikan Drs. Joni Walker Manik, MM beserta jajaran, serta para Kepala Sekolah yang akan dilantik.

Bupati mengingatkan para pejabat fungsional dalam hal ini Kepala Sekolah Dasar Negeri (SDN) bahwa ini adalah tugas yang tidak mudah. Kepala Sekolah adalah pemimpin yang akan bertanggungjawab atas segala kegiatan pembelajaran disekolah yang dipimpin. Sebagai kepala sekolah atau guru, patut berbangga karena guru dan kepala sekolah adalah saksi atas atas ijazah yang diraih oleh orang-orang yang besar dan berhasil yang ada di Indonesia.

Lebih lanjut disampaikan Bupati, agar kualitas pendidikan Sergai yang semakin unggul, inovatif dan berkelanjutan,ditandai dengan meningkatnya angka melek huruf pada tahun 2017 mencapai 99,98% dan meningkatnya rata-rata lama sekolah yaitu usia 9,5 tahun, peran dari motto Kabupaten Sergai yaitu sebelumnya yaitu Serdang Bedagai Bangkit (dijawab Yess), Raih Prestasi (dijawab Oke), dan Bantu yang Lemah, (dijawab Siap) sangat penting.

Oleh karenanya, diminta agar motto tersebut harus terus dikumandangkan dilingkungan dunia pendidikan terutama sekolah-sekolah, karena bangkit meraih prestasi adalah pemicu semangat dan selanjutnya dengan prestasi yang diraih tidak lupa membantu yang lemah, kata Bupati.

Namun,lanjut Bupati bahwa tantangan dari perkembangan teknologi yang semakin pesat hendaknya diwaspadai agar tidak menggangu proses belajar mengajar bagi anak usia sekolah. “Jangan sampai budaya lisan kita menjadi rusak, juga budaya tulisan juga sudah semakin tidak menentu. Maka dari itu, mari kita jaga budaya literasi kita karena itu kita perlu menjaganya dengan terus menggalakkan dan menjaga kearifan lokal seperti bahasa daerah. Hal ini  dikarenakan  dari 700 bahasa daerah, 140 diantaranya terancam punah yang salah satunya adalah bahasa Batak” ujarnya.

Tantangan selanjutnya adalah lanjut Bupati, semakin parahnya penyalahgunaan narkoba dengan segala strategi pelaku agar dapat mempengaruhi generasi kita. Untuk itu diminta kepada guru dan orang tua untuk mewaspadai penyalahgunaan narkoba tersebut dengan memperhatikan ciri dan gelagat anak yang mulai mencurigakan agar dapat melaporkan kepada pihak berwajib.

Untuk tenaga honorer kita akan terus memperhatikan dan berusaha meningkatkan kesejahteraannya dengan berbagai cara sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Karena jika pendidikan dari unsur bawah baik, maka pencapaian siswa kita ke jenjang yang lebih tinggi tentu akan baik dan meningkat terus seperti makin banyaknya anak Sergai yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia, tukas Bupati.

Diakhir sambutannya, Bupati meminta kepada para Kepala Sekolah dan Guru yang dilantik untuk memahami tugas pokok dan fungsi dengan tetap berpegang teguh kepada Undang-Undang dan peraturan yang berlaku, ciptakan suasanya dan iklim belajar yang kondusif bagi peserta didik, jadikan sekolah sebagai sekolah yang unggul, jalin kerjasama dengan orang tua siswa, serta responsif terhadap tantangan dan permasalahan yang timbul terutama terhadap kebutuhan peserta didik dan tenaga pendidik.

Selain itu agar Kepala Sekolah harus memiliki wawasan jauh kedepan dan mampu membuat terobosan yang positif melalui pemikiran yang kreatif dan inovatif dalam mencapai visi Kabupaten Sergai yang Unggul, Inovatif dan Berkelanjutan khususnya dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), pungkas Bupati mengakhiri.

Dari 120 Pejabat Fungsional yang dilantik, 116 diantaranya adalah Kepala Sekolah Dasar, dan 4 orang guru dengan kompetensi khusus.
Adapun Pejabat Fungsional yang baru dilantik berdasarkan Keputusan Bupati Serdang Bedagai Nomor. 433/18.33/Tahun 2018 diantaranya Mardud Simbolon, S.Pd sebagai Kepala SDN 102072 Bandar Khalipah, Rasmina, S.Pd sebagai Kepala SDN 101987 Bintang Bayu, Tiresmin Panjaitan, S.Pd sebagai Kepala SDN 102061 Bangun Bandar Kecamatan Dolok Masihul, Friska Sitorus, S.Pd Kepala Sekolah SDN 102123 Dolok Merawan, Dormani Purba, S.Pd Kepala Sekolah SDN 101982 Kotarih, Longse Silaban, S.Pd Kepala Sekolah SDN 101955Naga Kisar Kecamatan Pantai Cermin.

Selanjutnya Safrizal, S.Ag sebagai Kepala SDN 106188 Tanjung Putus Kecamatan Pegajahan, Ngadirin, S.Pd Kepala SDN 104260 Melati Kecamatan Perbaungan, Hasoloan Samosir, S.Pd sebagai Kepala SDN 102037 Kebun Sayur Kecamatan Sei Bamban, Sabran, S.Pd sebagai Kepala SDN 104298 Simpang Empat Kecamatan Sei Rampah, Sri Atun, S.Pd Kepala SDN Kelapa Bejohom Kecamatan Serbajadi, Tarsilah, S.Pd Kepala SDN Sipispis.

Sedangkan 4 (empat) guru dengan kompetensi khusus adalah Risma Sibarani, S.Pd sebagai Guru SDN 107455 Tepi Pasar Dolok Masihul, Donna Petronella Siagian, S.Pd Guru pada SDN 105377 Naga Kisar Pantai Cermin, Fachruddin Guru SDN 105368 Karang Anyar Kec Pegajahan dan Surilawati Guru SDN 101929 Perbaungan.(ARM)

print

Sharing is caring!

tags:

Related For Bupati Sergai Lantik 120 Pejabat Fungsional