Wali Kota Ingatkan OPD Pentingnya Masalah Kearsipan

Kamis, Juli 11th 2019. | RAGAM, Tebing Tinggi | Dibaca : 25 Kali

TEBINGTINGGI,WARTATODAY.COM – Wali Kota Tebingtinggi H Umar Zunaidi Hasibuan mengingatkan para pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Tebingtinggi agar jangan menganggap enteng masalah kearsipan.

“Arsip itu menentukan akuntabilitas suatu kebijakan dan punya kaitan dengan informasi keterbukaan publik. Dengan memelihara atau menyusun arsip dengan baik akan menyelamatkan diri sendiri, dari kebijakan yang berimplikasi dalam kasus hukum pidana atau perdata” tegasnya saat membuka Sosialisasi Kearsipan yang dilaksanakan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah di gedung Hj Sawiyah Jalan Sutomo Tebingtinggi, Kamis (11/7/2019). Hadir sebagai narasumber DR Andi Kasman, Deputi Kearsipan dari ANRI Jakarta.

Lebih lanjut, Umar berharap kepada semua jajaran OPD agar mempersiapkan ruangan beserta arsiparis yang mengurusinya. “Kedepan diharapkan masalah kearsipan di lingkungan Pemko Tebingtinggi dapat tertata dengan baik,” imbuhnya.

Sementara Dr Andi Kasman mengatakan, peran arsip sangat penting saat ini, apalagi banyaknya informasi hoax yang terjadi saat ini. Dan akibatnya hal-hal yang tidak benar bisa jadi benar jika didukung oleh orang banyak, untuk menentangnya, arsip menjadi barang bukti otentik suatu informasi.

“Saat ini ada 800 ribu situs di Indonesia yang menyebar berita hoax, dan arsip lah yang menjadi alat pembuktian, dan punya peran penting,” katanya.- (js)

print

Sharing is caring!

Related For Wali Kota Ingatkan OPD Pentingnya Masalah Kearsipan