Ini Tempat Wisata di Banjarmasin, Poin 7 Sering Terlewatkan

Sabtu, Februari 1st 2020. | NASIONAL, Wisata | Dibaca : 109 Kali

WARTATODAY.COM – Berlibur ke tempat wisata di Banjarmasin bisa menjadi pilihan tepat bagi anda. Banjarmasin yang dikenal sebagai Kota Seribu Sungai ini memiliki beragam objek wisata yang unik dan tidak akan anda temukan di tempat lain.

Selain itu, ibukota Kalimantan Selatan ini juga disebut-sebut sebagai Venice of Indonesia, karena dikelilingi oleh sungai-sungai yang sangat indah seperti di Venice, Italia.
Jika anda bingung menentukan destinasi liburan anda kali ini, tak ada salahnya anda berkunjung ke Banjarmasin. Nah, berikut ini beberapa destinasi tempat wisata di Banjarmasin yang sayang untuk dilewatkan:

1. Pasar Terapung

Pasar Terapung adalah salah satu keunikan yang terdapat di Banjarmasin. Pasar ini merupakan sebuah pasar tradisional yang berada di atas muara Sungai Barito, tepatnya di Kelurahan Kuin Utara. Konon, pasar tradisional ini sudah ada sejak 400 tahun lalu dan masih dilestarikan hingga saat ini.
Pasar ini mulai beroperasi setelah waktu shalat Subuh hingga pukul 7 pagi. Itu artinya, jika anda ingin berkunjung dan berbelanja disini, anda harus rela datang pagi subuh dari Banjarmasin. Anda dapat menyewa perahu motor yang tersedia di sekitar.

2. Bukit Matang Keladan

Wisata unggulan yang pertama di Banjarmasin, adalah Bukit Matang Keladan. Wisata berupa perbukitan ini, mendapat julukan “Raja Ampatnya Kalimantan Selatan”, karena keindahan dan pesona yang dimiliki wisata bukit ini, mirip dengan pesona yang dimiliki oleh wisata yang berada di Papua Barat tersebut. Dari atas bukit, kamu dapat menyaksikan pemandangan dari Waduk Riam Kanan, dan pulau-pulau kecil yang berada di dekat wisata bukit ini.
Waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke Bukit Matang Keladan ini, adalah saat matahari terbit (sunrise) dan terbenam (sunset), karena pemandangan di Bukit Matang Keladan ini, akan terlihat jauh lebih mempesona, saat kedua waktu tersebut. Selain itu, penampakan sunrise dan sunset juga akan terlihat sangat menakjubkan lho guys, jika dilihat dari atas bukit ini.

Selain dapat menyaksikan keindahan sunrise dan sunset, kamu juga bisa bersantai ria dengan memasang hammock di pohon-pohon, serta juga dapat mendirikan tenda, jika ingin camping di bukit yang terkenal di Banjarmasin ini. Untuk harga tiket masuknya juga murah meriah lho guys, yaitu sekitar Rp 3.000/orang. Bukit Matang Keladan lokasinya berada di Desa Tiwingan Lama, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

3. Rumah Jomblo


Nah, ini dia tempat wisata yang sedang viral di Kalimantan Selatan, yaitu Rumah Jomblo. Diberi nama Rumah Jomblo, karena posisinya yang menjulang seorang diri. Rumah Jomblo merupakan sebuah rumah berdinding kayu, yang dibangun diatas tebing. Konon, dulunya rumah ini dibangun untuk tempat beristirahatnya para tukang, yang mengerjakan proyek perumahan yang ada di sekitar Rumah Jomblo tersebut. Rumah Jomblo ini memiliki bentuk yang unik, dan instagenic lho guys, oleh karena itu banyak wisatawan, yang didominasi generasi millennial, yang datang berkunjung hanya untuk berselfi ria saja.

Nah, jika kamu ingin berkunjung ke Rumah Jomblo, sebaiknya datang bersama teman, keluarga atau pasangan, karena Rumah Jomblo hanya tampak bagus jika difoto dari jarak yang agak jauh saja. Rumah Jomblo ini lokasinya berada di Kawasan Perumahan Kesatria Secaba dan Dodiklatpur, Jalan Gunung Kupang, Kelurahan Cempaka, Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

4. Bukit Rimpi Pelaihari (Teletubies)


Selain Bukit Matang Keladan, Banjarmasin juga memiliki wisata bukit lainnya yang gak kalah kerennya lho guys, yaitu wisata Bukit Rimpi Pelaihari. Bukit Rimpi Pelaihari ini, mendapat julukan bukit teletubies lho guys, karena gundukan bukitnya yang mirip dengan bukit yang ada di film Teletubies. Bukit yang memiliki padang savana yang hijau ini, suasananya mirip seperti bukit yang ada di New Zealand lho guys, yang nantinya bakalan bisa bikin kamu betah berlama-lama menghabiskan waktu, di bukit teletubies versi Kalimantan Selatan ini.

Selain itu, juga terdapat banyak hewan ternak yang berkeliaran di sekitar bukit, yang tentunya menambah keindahan dari Bukit Rimpi Pelaihari ini. Untuk dapat menikmati keindahan Bukit Rimpi Pelaihari ini, kamu hanya cukup merogoh kocek sebesar Rp10 ribu/orang. Bukit Rimpi Pelaihari ini, lokasinya berada di Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

5. Masjid Sultan Suriansyah


Masjid Sultan Suriansyah terletak di hulu Sungai Kuin. Bagi penyuka wisata religi, tempat ini menjadi destinasi yang wajib dikunjungi di Banjarmasin. Masjid ini merupakan masjid tertua di Kalimantan Selatan dan sudah ada sejak 300 tahun lalu. Masjid ini dibangun oleh Sultan Suriansyah, Raja Kesultanan Banjar kala itu. Arsitektur masjid ini masih sangat kokoh dan kental dengan arsitektur pra-Islam.

Untuk bisa sampai ke masjid ini, wisatawan bisa langsung mengunjungi alamat Jalan Kuin Utara, Kuin Utara, Banjarmasin.

6. Menara Pengawas Sungai Martapura


Kota Banjarmasin juga memiliki bangunan ikonik yang menjadi kebanggaan warga Banjarmasin, Menara Pengawas Sungai Martapura. Bangunan ini memiliki tinggi 21 meter dengan warna bangunannya yang sangat mencolok di pinggir Sungai Martapura.

Di sekitar bangunan menara ini juga kerap digunakan oleh warga sekitar untuk menikmati waktu bersama keluarga. Di tepi sungai depan menara juga terdapat para penjual yang menjajakan dagangannya dengan menggunakan perahu khas pasar apung.

Sahabat Dream bisa mengunjungi menara ini di alamat Jalan Kapten Tendean, Gadang, Banjarmasin Tengah pada waktu tertentu. Senin hingga Jumat buka pada pukul 10 pagi hingga 9 malam, sedangkan di akhir pekan mulai pukul 10 pagi hingga 10 malam.

7. Kampung Sasirangan


Terkadang kita sering lupa berburu souvenir khas daerah yang kita kunjungi disuatu tempat, hal itu wajar dikarenakan padatnya jadwal kegiatan kunjungan anda. Disini kami ingatkan anda tidak lupa untuk memberikan hadiah atau kenang-kenangan kepada orang-orang terdekat anda.

Puas menjelajah Banjarmasin, saatnya berburu oleh-oleh khas Banjarmasin, bisa datang ke Kampung Wisata Sasirangan yang menjadi pusat pembuatan kain tradisional khas Kalimantan.
Kain tradisional Kalimantan sangat khas dengan warna dan teknik pembuatannya yang unik, sangat pas jadi oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Dengan membelinya langsung dari pengrajin, harganya jauh lebih murah dibanding di toko. Harga kain per meter beragam, tergantung motifnya, mulai dari Rp85 ribu hingga Rp250 ribu. Selain bisa membeli oleh-oleh, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan desa yang unik.

Alamat lengkap tempat wisata ini berada di Jalan Seberang Mesjid, Banjarmasin Tengah, Kalimantan Selatan.

8. Gemerlap Batu Permata di Martapura

Kalau kita menyebut kata Martapura, sebuah wilayah yang menjadi ibukota dari Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, tentu yang tergambar di benak kita adalah batu permata mulai dari gem stone, batu akik, hingga berlian yang harganya dari puluhan ribu hingga mencapai ratusan juta rupiah.

Tidaklah mengherankan bila Martapura memiliki pusat perdagangan permata Cahaya Bumi Selamat (CBS) yang terletak disebelah taman dengan nama yang sama, di pinggir jalan Ahmad Yani, Martapura, Kabupaten Banjar. Dengan jarak sekitar 44 Km dari Banjarmasin, yang dapat ditempuh dengan menggunakan mobil selama kira-kira 60 menit, wisatawan dapat berbelanja berbagai kerajinan batu permata dan batu mulia.

(berbagai sumber/net)

print

tags: ,

Related For Ini Tempat Wisata di Banjarmasin, Poin 7 Sering Terlewatkan