oleh

Gadis Belia Asal Sukabumi Ini Raih Juara Di MTQ Internasional

-KHAZANAH, Regional-Dibaca : 963 Kali
Hasna Shofwatul Azizah.- (ist)

SUKABUMI, WARTATODAY.COM – Seorang gadis belia, Hasna Shofwatul Azizah (13 tahun) asal Kampung Cikarang Sasak, Desa Sukamukti, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat berhasil mengukir prestasi di kancah dunia.

Putri pasangan KH Agus Said Almubarok dan Siti Aminah itu telah mengharumkan nama bangsa dengan prestasinya yang meraih juara III dalam ajang Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat internasional di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) pada Juni 2018 lalu.

Prestasi yang diraih Hasna kini viral setelah diposting oleh mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo di media sosial dan mendapatkan respons positif dari masyarakat. “Setelah diposting oleh Pak Gatot Nurmantyo banyak pihak yang mengucapkan selamat,” ungkap ayah Hasna, KH Agus Said kepada Republika.co.id, Kamis (19/7/2018).

Diungkapkan Agus, putri pertamanya yang saat ini belajar di MTs Raudhatul Ikhwan Kecamatan Jampang Kulon, Kabupaten Sukabumi tepatnya duduk di kelas VIII itu, merupakan satu-satunya perwakilan Indonesia yang ikut perlombaan yang digelar Abu Dhabi tersebut.

Diakuinya, sebelumnya ada sebanyak 15 peserta asal Indonesia yang mengikuti seleksi untuk bertanding dalam ajang MTQ di Abu Dhabi. Namun setelah melalui seleksi administrasi dan kualitas bacaan, akhirnya hanya Hasna yang diberangkatkan ke Abu Dhabi.

Diterangkanya, dalam ajang MTQ internasional tersebut Hasna berhasil menjadi juara III dan mengalahkan peserta dari 70 negara lainnya. Jenis perlombaan yang dimenangkan Hasna pada kategori tilawah Alquran untuk anak-anak.

“Prestasi yang diperoleh Hasna ini bersejarah karena belum ada anak perempuan asal Indonesia yang juara di MTQ tingkat internasioal,” papar Agus yang juga merupakan pimpinan Pondok Pesantren Tahfidz Cikarangsasak, Desa Sukamukti Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi tersebut.

Agus berharap, prestasi yang diperoleh Hasna tersebut bisa memicu anak bangsa lainnya untuk terus berprestasi di ajang dunia. Selain itu generasi muda bisa lebih mencintai dan belajar membaca Alquran.

Tidak Sangka Bisa Juara
Sementara itu Hasna Shofwatul Azizah (13) yag ditemui memgaku, awalnya tidak menyangka bisa menjadi juara III dalam ajang MTQ tingkat internasional di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) tersebut, Pasalnya persaingan dalam perlombaan tersebut cukup berat karena diikuti oleh 70 negara peserta.

“Ahamdulillah bisa membawa nama harum bangsa di dunia dan membanggakan orangtua,’’ ungkap Hasna.

Diceritakan Hasna, sebelum berangkat ia berpandangan tidak menjadi juara dalam ajang tersebut tidak masalah. Karena iti ia sudah merasa bersyukur karena diberikan kesempatan untuk mengikuti ajang di tingkat internasional. Namun faktanya Hasna bisa menjadi juara III dalam kategori tilawah anak-anak dengan mengalahkan 70 negara peserta lainnya.

Menurut Hasna, pencapaian prestasi ini tidak bisa lepas dari peran orangtua dan guru-guru yang membinanya. Para gurunya juga sebagian merupakan para alumni di ajang internasional serupa.

Hasna mengungkapkan, untuk meraih prestasi seperti sekarang ini ia membiasakan berlatih dan belajar setiap hari. Di mana ibu kandungnya Siti Aminah yang juga pernah menjadi juara nasional MTQ kategori tilawah mengajarinya secara langsung.

Selain berlatih tilawah, Hasna juga menghafal Alquran dibawah bimbingan ayah kandungnya KH Agus Said. Hingga kini hafalan Alquran Hasna sudah 11 juz.

Selepas meraih prestasi di tingkat internasional Hasna mengaku masih akan terus belajar lagi dan tidak berpuas diri. Ke depan Hasna akan mengikuti ajang MTQ Nasional yang digelar di Sumatera Utara pada Oktober 2018 mendatang. Pada perlombaan tersebut Hasna akan mengikuti kategori hafalan Alquran dan tilawah untuk provinsi Jawa Barat.- (ROL)

Sumber : republika
print

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed