oleh

JIC Sambut Gerhana Bulan Dengan Ragam Acara dan Festival

-KHAZANAH, Regional-Dibaca : 423 Kali

JAKARTA, WARTATODAY.COM – Gerhana bulan total akan kembali terjadi di Indonesia pada hari Sabtu, 28 Juli 2018 pukul 02.30 Wib sampai 04.13 Wib menjelang Subuh. Jakarta Islamic Center (JIC) akan menyambut gerhana total tersebut dengan beragam acara dan festival.

“JIC akan mengadakan Festival Gerhana Bulan Total 280718 dengan beragam acara,” ucap Kepala Divisi Pengkajian dan Pendidikan Jakarta Islamic Centre (JIC), Rakhmad Zailani Kiki melalui siaran pers, Jumat (27/7/2018).

Disebutkannya, rangkaian acara yang akan digelar di JIC tersebut adalah training motivasi, tabligh akbar, ceramah ilmiah terkait gerhana, dan observasi gerhana. Lalu dilanjutkan dengan lomba foto saat gerhana terjadi gerhana, dilanjutkan dengan shalat tahajud, shalat sunah gerhana bulan (khusuf) dan khutbah gerhana.

“Bagi umat Islam, peristiwa gerhana bulan total bukan saja merupakan peristiwa astronomis, tetapi juga peristiwa ibadah, oleh karena itu dianjurkan untuk melaksanakan shalat sunah khusuf dan mendengarkan khutbah gerhana,” sebutnha

Menurut Rakhmad acara itu juga didukung oleh MUI DKI Jakarta, DMI DKI Jakarta, dan Kementerian Agama Jakarta Utara. Serta didukung oleh Republika, Sudin Pendidikan 1 Jakarta Utara, Sudin Pendidikan 2 Jakarta Utara, Klasik, dan KFS-JIC.

Adapun mengenai festival sendiri lanjut Rakhmad, bertujuan sebagai wahana untuk memfasilitasi umat Islam untuk melakukan ibadah gerhana bulan secara berjamaah di sepertiga malam di Masjid Jakarta Islamic Centre (JIC). Selain itu juga sebagai syiar Islam, bahwa ilmu astronomi memiliki kaitan dengan ajaran Islam, salah satunya dalam menyikapi peristiwa gerhana bulan total.

“Sebagai wahana edukasi umat Islam yang aplikatif dan menyenangkan dalam ilmu astronomi dan falakiyah melalui peristiwa gerhana bulan total,” ujarnya.

Dia juga menambahkan Festival Gerhana Bulan Total 280718, ini terbuka untuk umum. Sedangkan untuk rangkaian kegiatan tersebut akan dimulai pada pukul 00.00 WIB dan berakhir dengan shalat Subuh berjamaah, Sabtu (28/7/2018).

“Tempatnya ya di Ruang Ibadah Utama Masjid Jakarta Islamic Centre (JIC) dan halamannya,” ujanya.- (rol)

Sumber teks & Photo : Republika.co.id
print

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed