oleh

Pangdam I/BB Tinjau Alutsista Roket Astros II MK 6 di Natuna

-RAGAM, Regional-Dibaca : 197 Kali
Pangdam I/BB, Mayjen TNI Mohamad Sabrar Fadhilah dan jajaran poto bersama saat meninjau Roket Astros II MK 6 di Teluk Buton, Natuna, Kepri,- (Poto : Dok Kodam Bukit Barisan)

NATUNA, WARTATODAY.COM – Pangdam I/Bukit Barisan, Mayjen TNI Mohamad Sabrar Fadhilah meninjau alat utama sistem senjata (Alutsista) berupa 14 unit Roket Astros II MK 6 yang baru tiba di Teluk Buton, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Senin.

Pangdam didampingi Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), serta pimpinan Lembaga Adat Melayu (LAM) turut melakukan pemeriksaan langsung terhadap alutsista yang baru tersebut.

“Ada 14 unit Roket Astros II MK 6 yang baru tiba di Natuna,” kata Mayjen Mohamad Sabrar Fadhilah.

Menurutnya, keberadaan alutsista yang baru ini dalam rangka memperkuat keamanan di wilayah perbatasan. Natuna sendiri, kata dia, merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan luar negeri seperti Thailand, Vietnam, Malaysia dan Laut China Selatan.

“Sehingga kesiapan dan kemampuan alutsista persenjataan TNI di perbatasan akan terus diperkuat,” ujarnya.

Komandan Batalyon Komposit 1/Gardapati, Letkol Inf Rahmat, menyampaikan 14 Unit Astros tersebut akan ditempatkan di Natuna sebagai bagian dari alutsista pendukung Kesatuan Militer Terintegrasi Natuna.

Satuan terintegrasi meliputi Kompi Zeni Tempur, Baterai Rudal Artileri Pertahan Udara dan Baterai Artileri Medan.

“Roket Astros merupakan senjata terbaru buatan Avibras Aeroespecial Brasil, memiliki daya jangkau sejauh 300 km. Ia juga mempunyai daya ledak dan hancur super kuat,” sebut Rahmat.

Batalyon Komposit 1/Gardapati merupakan satuan siap gerak TNI untuk menghadapi penugasan yang bersifat mendesak dan dapat dikerahkan dalam waktu singkat.- (ant)

Sumber : Antara
print

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed