Ketua APDESI Minta Seluruh Kades Lakukan Penyemprotan Desinfektan

Rabu, Maret 25th 2020. | Serdang Bedagai | Dibaca : 134 Kali
M Yunus bersama Babinsa melakukan penyemprotan desinfektan serta memberikan himbauan kepada warga.(Photo:AR.Manik/WartaToday.Com)

SERGAI, WARTATODAY.COM – Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Serdang Bedagai Muhammad Yunus meminta seluruh Kepala Desa untuk melakukan penyemprotan desinfektan sebagai bentuk antisipasi atau pencegahan dari merebaknya Virus Corona (Covid-19). Permintaan tersebut disampaikan kepada WartaToday,Rabu (25/3/2020) ketika diminta komentarnya terkait Virus Corona.

Ditemui dikediamannya,Yunus mengaku sangat waswas dan prihatin atas kondisi yang terjadi saat ini.Meski demikian,ujar Yunus jangan membuat kita berpasrah diri,upaya harus dilakukan agar paling tidak bisa meminimalisir berjangkitnya Virus yang mematikan ini.

Kades yang dikenal tegas dan lugas ini mengakui bahwa,Selasa (24/3/2020) pemerintahannya sudah melakukan upaya penyemprotan desinfektan sebagaimana dianjurkan oleh pihak Puskesmas Bintang Bayu .Kemaren bersama Babinsa dari Koramil-17 Kotarih Serma A.Hapiruddin dan Perangkat Desa kita keliling melakukan penyemprotan di setiap dusun sekaligus memberikan berbagai himbauan kepada warga,ucap Yunus.

Adapun himbauan yang disampaikan agar semua pihak tidak panik namun tetap waspada dalam beraktivitas.Kepada warga Kades memint untuk sementara hindari dan bagasi melakukan perjalanan keluar daerah yang sifatnya dan urgensinya dapat ditunda.

Disampaikannya lagi,warga membatasi kegiatan kumpul-kumpul, rapat dan pertemuan yang melibatkan massa melebihi 30 orang serta membatasi kegiatan yang mengakibatkan adanya kontak fisik,ujar Kades Ujung Negeri Kahan sambil mengatakan kalau Perwiritan,Kenduri hajatan dan pesta tidak dilakukan.

Sebelum mengakhiri dirinya meminta semua Kepala Desa se Serdang Bedagai untuk lebih proaktif dalam menyikapi wabah Covid-19 ini.Pantau setiap warga yang masuk dari luar daerah seperti yang kami lakukan ada 20 warga yang baru pulang dari berbagai daerah,ujar Yunus.

Semua Kepala Dusun telah kita minta untuk melakukan pendataan atas pendatang atau warga yang pulang dari berbagai daerah.Besok Kamis (26/3/2020) bersama Puskesmas Bintang Bayu pihaknya akan langsung dor to dor terkait warga yang baru pulang.

Beberapa warga yang diminta komentarnya terkait upaya yang dilakukan Kepala Desa menyambut positif dan mendukung sepenuhnya.Seperti yang disampaikan Hatta Fadlia,S.Pd (22) salah satu warga milenial,Rabu (24/3/2020) sore mengatakan, upaya yang dilakukan Kepala Desa adalah bukti reaksi cepat dan tanggap dari pemerintahannya.

Apa yang dilakukan adalah bentuk pencegahan dan sebagai Ketua APDESI Kabupaten Serdang Bedagai langkah dan himbauannya adalah sebuah kepatutan dan harus dilakukan.Kita sebagai warga saat ini sikap yang dilakukan adalah mengikuti setiap himbauan pemerintah pusat maupun desa,ujar Hatta.(ARM)

print

Related For Ketua APDESI Minta Seluruh Kades Lakukan Penyemprotan Desinfektan