BRI Balige dukung ajang Kaldera Tobamar, Hadirkan UMKM dan Ebuzz

SPORT, Toba838 Dibaca

TOBA, WARTATODAY.com – Kaldera Tobamar Festival 2023 merupakan Ajang perlombaan “Lari Marathon” berlangsung meriah dengan diikuti ribuan peserta dari kalangan masyarakat se-Indonesia khususnya kabupaten Toba, Minggu (24/9/2023).

Kegiatan ini mengambil start awal dilapangan Sisingamangaraja XII Balige atau Venue F1H20 , Kabupaten Toba,. Dan BRI yang mwrupakan salah satu Perbankan Nasional, lewat Produk Brimo-nya menjadi salah satu Sponsorship utama dalam kegiatan tersebut.

Pimpinan Cabang BRI Balige Adi Prasetia Wardhana Mengatakan, Event lari Marathon Kaldera Tobamar bertujuan memperkenalkan dan mengajak “Pelari untuk mengeksplore sisi Sportourism Danau Toba khususnya balige.

“Kami selaku sponsorship perbankan mendukung acara tersebut, Produk Digital platform Bri (Brimo) menjadi alat akseptasi pembayaran utama dievent tersebut. selain itu menghadirkan juga Stand UMKM binaan BRI,” ujarnya.

Disebutkan Adi, untuk acara sebesar ini tentu perlu kemudahan pembayaran bentuk digital, juga mereka sediakan Mobil ebuzz yang dapat melayani semua transaksi dan menyediakan mesin ATM.

“Tentunya saat berlari kan tidak mungkin membawa-bawa uang cash! Tentu melalui Handphone dengan aplikasi Brimo dan Qrish sangat cocok membantu bapak ibu sekalian dan peserta. Acaranya sangat Seru, dihadiri ribuan peserta dan diluar Ekspetasi. Apalagi dihadiri Menkomarves Bapak Luhuf Binsar Panjaitan dan peserta yang berasal dari dalam dan luar kota.

Regional Head BRI RO medan Elizabeth Primasari menambahkan, mereja perwakilan regional BRI sangat Apresiasi acara lari marathon dibalige ini.

“Sangat ramai sekali, tentu kami memberikan kemudahan Transaksi digital Brimo dan Qrish, UMKM Lokal binaan lokal dan menggunakan transaksi digital layanan Brimo dan Qrish. Sangat menarik acaranya, Peserta lari marathon antusias dan menjajaki jajanan stand-stand Umkm dan hiburan musisi serta tarian dari Toba,” ungkapnya.

Pantauan Tim, acara berlangsung sejak pagi pukul 6 hingga pukul 11 siang. Aneka acara hiburan seperti Pencak silat Mosak, Tarian sanggar, Jajanan Stand UMKM disuguhkan dalam kegiatan tersebut.

Semengara itu Ketua Panitia Kaldera Tobamar Festival 2023 Thamar Hutapea diwakili Danang Achmad (Race Director) mengatakan, Acara “Kaldera Tobamar Festival 2023” ini dibagi tiga kategori perlombaan, Lomba marathon jarak 5 K, 10 K dan 21 K. Total Peserta sekitar 1300-an dari Balige, seputaran danau Toba, Medan dan uar kota lainnya.

Ini menjadi Event tahun ke-2 dibalige kabupaten toba. Dihadiri rombongan Menkomm Marves, Luhut Binsar Panjaitan, Sekjen PB PASI Tigor tanjung didampingi PASI Sumut Luther Lubis, Pemkab Toba, Ikatan Alumni ITB, ikatan alumni DEL, Ikatan Alumni Yasop, Perwakilan Sponsorship BRI, iForte, Agincourt Astra, Aqua, Leminerale, Inalum, Pupuk Indonesia dan Sponsor lainnya.

Kegiatan lari marathon ini melibatkan semua elemen masyarakat di Toba. Event ini a diusulkan Pemkab Toba didukung oleh Ikatan Alumni ITB, Ikatan Alumni Del, dan Alumni Yayasan Soposurung, sebagai tindak lanjut rasa cinta kebonapasogit Toba.

“Event ini bertujuan sebagai Ajang memperkenalkan kepada para Pelari keindahan Danau toba. Kedua usai kegiatan ini, panitia nantinya memberikan dukungan sumbangan di bidang Pendidikan untuk kabupaten toba yang akan diterima melalui Pemkab Toba dan selanjutnya diberikan kepada Siswa-siswi, ucap Danang.

Disela-sela kegiaran, slah satu Peserta dari kota Medan, Partogi Simanjuntak mengatakan, Ia tau info Kaldera Tobamar dari medsos Instagram dan mendaftar untuk Kategori 21K

Apa kendala dilintasan pak?
dijawab Partogi, Tadi ada kendala hanya dilintasan ada beberapa “titik pasir atau bahan material lainnya”. Untuk acara selanjutnya harap panitia bisa menjaga kebersihan lintasan apalagi dijalan aspal. Untuk acara sejauh ini bagus saja,kami datang bersama rombongan dari Medan.

Peserta Balige Deni Lumbantoruan Dosen DEL mengatakan, ia ikut dikategori 5 K, dan Menurutnya acaranya sangat bagus. Disamping menjaga kebugaran tubuh dan kesehatan, tidak memakan anggaran yang besar.

“Saudara saya dari Jakarta pun turut serta loh hadir diacara ini. Selesai acara sampai titik finish sambil menikmati Panorama Pinggiran danau toba,sangat indah,” katanya – .(SJ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *