oleh

Joni Walker Manik Terpilih Ketua Pungguan Manik Raja se Sumut

-Serdang Bedagai, SUMUT-Dibaca : 496 Kali

SERDANG BEDAGAI, WARTATODAY.COM – Acara syukuran HUT ke-1 dan Silaturahmi (temu kangen) Pungguan Manik Raja dohot Boru, Bere dan Ibebere se-Indonesia yang digelar di aula pantai Wong Rame, Pantai Cermin, Serdang Bedagai (Sergai), Sabtu (28/4/2018), berjalan sukses dan meriah.

Dalam acara itu, Ketua Umum DPP Punguan Manik Raja se-Indonesia Brigjen TNI Deliaman T Manik juga mengumumkan pengangkatan Joni Walker Manik sebagai Ketua DPD Punguan Manik Raja se-Sumut sesuai SK DPP Nomor 10/KEP/DPP/2018 tentang Penetapan DPD Punguan Manik Raja se-Sumut.

Turut hadir di situ Bupati Sergai H Soekirman, Pengurus DPP dan DPD Punguan Manik, keluarga besar Pomparan Op Silau Raja, tokoh agama, tokoh pemuda serta ratusan anggota Punguan Manik Raja dari berbagai wilayah di dalam maupun di luar Sumut.

Ketua Umum DPP Punguan Manik Raja dohot Boruna se-Indonesia Deliaman T Manik mengawali sambutannya menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Korwil Serdang Bedagai, Joni Walker Manik maupun panitia yang telah bersedia menyiapkan segala sesuatunya demi suksesnya pelaksanaan acara syukuran dan temu kangen itu.

Kepada yang hadir, ia juga menuturkan bahwa keturunan Manik Raja dan Silau Raja merupakan satu darah yang tidak bisa dipisahkan. “Semua kita bersaudara, karena kita masih terikat dalam satu hubungan darah. Semoga, melalui silaturahmi ini kita semakin solid dan tetap menjaga persatuan dan kesatuan kita,” ucap Deliaman.

Dalam kesempatan itu dia juga menyampaikan bahwa akan dilakukan launching Tugu Manik Raja dan peluncuran Buku Sejarah Manik oleh DPD Punguan Manik Raja se-Indonesia.

“Peluncuran buku dan launching tugu Manik Raja ini untuk menyahuti terbentuknya DPD Punguan Manik Raja se-Indonesia pada April 2017 lalu dan sebagai media bagi seluruh marga Manik untuk lebih menghargai sejarah leluhurnya,” terang Deliaman.

Sedangkan Bupati Serdang Bedagai H Soekirman dalam sambutannya menilai kegiatan ini sebagai peristiwa budaya yang harus senantiasa dilestarikan.

“Pertemuan ini merupakan gerakan awal dari restorasi budaya dari suku batak toba, terlebih bagi keluarga besar Marga Manik se-Indonesia. Mari bersama kita kembangkan dan pelihara budaya seperti ini. Jangan sampai hilang termakan zaman,” pesannya.

H Soekirman juga menyampaikam bahwa pihaknya tetap mendukung setiap program-program yang dibuat Punguan Manik Raja yang ada di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat itu.

Sebelumnya, Ketua Penyelenggara Joni Walker Manik MM didampingi Ketua DPC Sergai Punguan Manik Raja Jon Lukman Damanik, menyampaikan, temu kangen itu merupakan suatu pesan moral yang diajarkan para leluhur untuk menebarkan kasih sayang kepada sesama.

“Hendaklah kita saling menopang dikala suka maupun duka, sehingga terciptalah spirit kebersamaan di tubuh Punguan Manik Raja se-Indonesia,” ajaknya.

Joni Walker Manik juga mengajak seluruh yang hadir untuk bersama-sama bergandeng tangan dalam membesarkan Punguan Manik Raja dengan berlandaskan persatuan dan tanpa membeda-bedakan latar belakang.

“Marga Manik itu tidak terkotak-kotak, tapi harus bersatu padu demi membangun dan mengangkat harkat dan martabat Punguan Manik Raja ke arah yang lebih baik,” sebutnya.

Joni Walker Manik yang juga Kadis Pendidikan Kabupaten Sergai itu juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia dan undangan yang telah ikut berpartisipasi, sehingga acara syukuran Punguan Manik Raja se-Indonesia bisa berlangsung dengan lancar dan sukses.

Diakhir acara, juga dilakukan launching Tugu buku Sejarah Marga Manik yang ditulis oleh Drs Rusman Manik MSc Ak serta dibagikan kepada seluruh jajaran DPD dan DPC Punguan Manik Raja se-Indonesia – (ARM/JS)

print

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.