oleh

Kemenhub RI Benahi Bandara Sibisa pada 2020

-SUMUT, Wisata-Dibaca : 193 Kali
Bandara Sibisa.- (Poto : ist)

JAKARTA, WARTATODAY.COM – Dalam upaya meningkatkan konektivitas transportasi untuk mendukung Danau Toba sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), Kementerian Perhubungan RI akan membenahi Bandara Sibisa di Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara pada Tahun 2020 mendatang

“Dalam 2020, kita akan bangun landasan pacu di Bandara Sibisa menjadi sepanjang 2.000 meter dan lebar 30 meter supaya pesawat-pesawat seperti private jet dan pesawat sejenis ATR dapat mendarat ke sini agar masyarakat semakin mudah ke daerah Toba,” kata Menhub Budi Karya Sumadi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (14/10/2019)

Dia juga menyebutkan akan menggandeng arsitek terbaik untuk membangun terminal Bandara yang unik. “Kami akan kerja sama dengan arsitek Andra Martin. Ini akan jadi arsitektur yang unik dan bagus sekali,” terangnya.

Disebutkan, terminal penumpang Bandara Sibisa yang baru pada tahap pertama ini nantinya akan berukuran 1.200 meter persegi. Selain itu Bandara Sibisa juga akan dilengkapi apron berukuran 10×50 meter yang dapat menampung tiga pesawat sekelas ATR-72. Dan nantinya Bandara Sibisa akan fokus untuk melayani pesawat jet pribadi.

Saat ini, kondisi Bandara Perintis Sibisa, hanya memiliki terminal penumpang seluas 120 meter persegi dengan panjang landasan pacu 1.200 meter.

Dikatakan, Kemenhub telah menyiapkan anggaran Rp70 miliar untuk mengembangkan Bandara Sibisa pada 2020.

Lokasi Bandara Sibisa sangat dekat dengan Parapat yang merupakan pintu masuk kawasan Danau Toba.Bandara Sibisa akan berbagi peran dengan Bandara Silangit.

Bandara Silangit akan melayani pesawat komersial yang besar, sedangkan Bandara Sibisa melayani pesawat yang lebih kecil seperti ATR-72.

Bandara Sibisa saat ini melayani satu penerbangan pada Jumat dengan rute Bandara Sitoli, Nias – Bandara Sibisa, Danau Toba yang dilayani maskapai Aviastar dengan pesawat jenis Twin Otter berkapasitas 18 orang.- (ant)

Sumber : antara
print

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed