oleh

OPD Pemprov Sumut Diminta Tingkatkan Kinerja

-RAGAM, SUMUT-Dibaca : 281 Kali

MEDAN, WARTATODAY.COM – Seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumayera Utara (Pemprovsu) diminta segera mengupayakan peningkatan kinerjanya dalam pelaksanaan program dan kegiatan. Sehingga serapan anggaran sampai dengan akhir tahun 2018 dapat dicapai sesuai yang diharapkan.

Hal itu ditegaskan Asisten Administrasi Umum dan Aset Setdaprovsu Zonny Waldi mewakili Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi ketika menjadi inspektur upacara Hari Kesadaran Nasional Pemerintah Provinsi Sumatera Utara di halaman Kantor Gubernur Sumut, Senin (17/12/2018.

“Seluruh OPD harus meningkatkan kinerjanya, agar serapan anggaran tahun 2018 dapat tercapai sesuai harapan,” ucapnya.

Dikatakannya, bahwa baru-baru ini telah dilaksanakan proses penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2019, yang diawali dengan Penyusunan KUA dan PPAS sampai dengan penyusunan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang APBD TA 2019. Kemudian persetujuan bersama DPRD dan Pemprov Sumut tentang pengesahan APBD Tahun 2019.

Proses penyusunan, persetujuan dan pengesahan APBD Tahun 2019 tersebut, katanya, lebih tepat waktu jika dibadingkan dengan tahun sebelumnya. Hal tersebut menggambarkan kesadaran yang tinggi akan pentingnya pengelolaan keuangan secara tepat waktu, sehingga dapat terhindar dari sanksi administratif sebagaimana ketentuan dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah serta Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2017 tentang Pembinaan dan Pengawasan Pemerintahan Daerah.

“Kesadaran yang tinggi akan pentingnya pengelolaan keuangan secara tepat waktu tersebut hendaknya terus dipertahankan, sehingga ke depan, pengelolaan anggaran semakin baik. Begitu juga dengan serapannya, dapat tercapai sesuai yang ditargetkan,” ujarnya.

Sementara itu, kepada PT Bank Sumut sebagai bank persepsi, diharapkan segera menyiapkan sarana pendukung yang terkait dengan implementasi transaksi non tunai, baik dalam bentuk aplikasi maupun dalam bentuk lainnya.

“PT Bank Sumut harus segera mengembangkan Aplikasi Cash Management (ACM) untuk dioperasikan oleh bendahara penerimaan dan bendahara pengeluaran, sehingga transaksi keuangan yang dilakukan dapat lebih cepat,” harapnya.- (rel)

print

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed