oleh

Ribuan Warga Sambut Kirab Api Obor Asian Games Di Pantai Bul-bul

-SPORT, SUMUT-Dibaca : 460 Kali

BALIGE, WARTATODAY.COM – Rombongan kirab (Torch Relay) api obor Asian Games 2018 tiba di Pantai Bul-bul, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Rabu (1/8/2018), siang. Setelah sebelumnya diarak dari Pantai Bebas, Parapat, Kabupaten Simalungun.

Kedatangan Kirab (Torch Relay) Api Obor Asian Games 2018 itu disambut atraksi tor tor batak, Kun fu Nagasakti dan tari-tarian lainya dari para pelajar SMA. Ribuan warga setempat dan para pendatang juga antusias menyaksikan kegiatn itu.

Api Obor Asian Games itu kemudian diserahkan Bupati Toba Samosir Darwin Siagian kepada Pejabat Gubernur Sumatera Utara, Eko Subowo untuk disulut ke mini cauldron

Usai menyulutkan api obor ke mini cauldron, pihak Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (Insagoc) kemudian mengalungkan medali emas untuk 7 atlet, diantaranya Elsa Mayora Nasution (perenang), Donny F Siregar (pemain sepak bola), serta Pangdam I BB Mayjen TNI Ibnu Triwidodo, Pejabat Gubernur Sumut Eko Subowo, Bupati Tobasa Darwin Siagian, Wabup Tobasa Hulman Sitorus dan Kapolres Tobasa AKBP Elvianus Laoli SIK.

Pj Gubernur Sumut, Eko Subowo menyampikan terima kasih kegiatan Torch Relay Api Obor Asian Games 2018 di Sumatera Utara dan menurutnya, Torch Relay merupakan penghargaan yang luar biasa bagi Pemprov Sumut.

Karena selain memberi energi baru bagi Sumut untuk menggelorakan semangat olahraga, juga menjadi moment untuk memperkenalkan ke mata dunia tentang destinasi wisata di Sumut, khususnya kawasan Danau Toba yang telah dinobatkan sebagai destinasi wisata nasional untuk dijadikan sebagai UNESCO Global Geopark (UGG).

Dikatakannga, Trch Relay ini sekaligus memperkenalkan potensi wisata Danau Toba, budaya dan kuliner, agar program sport tourism (wisata olahraga) yang sedang digelorakan dapat berkembang dengan baik. “Serta dapat mengeksplor sumber daya alam yang dimiliki Sumatera Utara,” ucapnya.

Eko Subowo juga mengingatkan kembali kepada Pemkab Tobasa dan semua masyarakat di kawasan Danau Toba agar menjaga keindahan, keamanan dan kenyamanan, serta keramahtamahan sehingga wisatawan domestik maupun internasional ingin selalu datang berulang-ulang ke kawasan Danau Toba.

“Mari dukung Kawasan Geopark Kaldera Toba menjadi UGG dimana tanggal 2 Agustus mendatang tim assesment dari UGG akan datang menilai,” ajaknya.

Dalam kesempatan itu, Eko juga menginformasikan bahwa kontingen Sumatera Utara mengirim 21 atlet dan beberapa official dari 9 cabang olahraga yang akan membawa harum nama bangsa di event internasional ini. “ Kini mereka sudah berada di pelatnas,” sebutnya.- (rel/hms)

print

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.