oleh

Buka Pelatihan dan Peningkatan SDM, Wabup Tegaskan Wartawan Harus Miliki Kompetensi

-Serdang Bedagai-Dibaca : 346 Kali
Wabup Sergai Darma Wijaya didampingi Asisten Pemerintahan Umum Drs. Ramses Tambunan, M.Si dan Kadis Kominfo Ikhsan, AP foto bersama dengan Anggota Dewan Pers Anthonius Jimmy Silalahi dan wartawan peserta pelatihan peningkatan SDM.(Foto :AR.Manik/wartatoday)

MEDAN I WARTATODAY.COM – Seorang wartawan bekerja dengan hal yang berhubungan langsung dengan kepentingan masyarakat atau publik dan merupakan profesi yang terhormat. Sebagai jurnalis berkewajiban mengawal kebenaran dan keadilan, melakukan perlindungan terhadap hak-hak pribadi masyarakat serta menjadi garda terdepan dalam memberantas KKN dan politik yang tidak sehat.Untuk itu dalam melaksankan tugasnya wartawan harus memiliki standar kompetensi sebagai alat ukur profesionalitas wartawan.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya dalam sambutanya saat membuka kegiatan Pelatihan dan Peningkatan SDM bagi Wartawan Pemkab Sergai tahun 2018 bertempat di Saka Premiere Hotel, Medan (24/4) malam.

Hadir dalam kesempatan tersebut Asisten Pemerintahan Umum Drs. Ramses Tambunan, M.Si, Kadis Kominfo Ikhsan, AP, Narasumber dari Dewan Pers Anthonius Jimmy Silalahi, jajaran Dinas Kominfo serta puluhan wartawan Pemkab Sergai.

Lebih lanjut disebutkan Wabup bahwa terkait kesepakatan perusahaan pers nasional terdapat 6 (enam) hal yang disetujui khusus pada butir satu yaitu melaksanakan sepenuhnya Kode Etik Jurnalistik (KEJ), Standar Perusahaan Pers (SPS), Standar Perlindungan Wartawan (SPW) dan Standar Kompetensi Wartawan (SKW).

Ditambahkannya bahwa SKW sangat diperlukan guna melindungi kepentingan publik dan hak pribadi masyarakat untuk menjaga kehormatan pekerjaan wartawan, bukan untuk membatasi hak-hak warga negara menjadi wartawan. Dengan demikian melalui SKW, hal ini sangat diperlukan guna melindungi kepentingan publik dan hak pribadi masyarakat untuk menjaga kehormatan pekerjaan wartawan, bukan untuk membatasi hak-hak warga negara menjadi wartawan, kata Wabup.

Diakhir sambutannya Wabup Darma Wijaya menghimbau kepada seluruh peserta pelatihan untuk lebih menyiapkan diri mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) untuk mencapai SKW tersebut, pungkas Wabup.

Sebelumnya Kadis Kominfo Sergai Ikhsan, AP selaku panitia penyelenggara kegiatan menyampaikan tujuan dari kegiatan yang pertama adalah sebagai upaya memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada seluruh tentang wawasan dan pengetahuan di bidang jurnalistik. Kedua memberikan pemahaman kepada wartawan Pemkab Sergai agar menyampaikan informasi akurat dan sesuai fakta yang sebenarnya.

Kemudian melalui kegiatan ini juga diharapkan dapat memotivasi para wartawan untuk lebih mempersiapkan serta memberikan bekal kemampuan sekaligus memahami etika dan hukum pers, konsep berita, penyusunan dan penyusutan berita dalam rangka menuju UKW tahun 2018 dan yang terakhir mempererat tali silaturahmi serta meningkatkan kemitraan antara Pemkab Sergai dengan wartawan dalam rangka mempublikasikan program-program maupun hasil-hasil pembangunan.

Sedangkan pelaksanaan kegiatan ini berlangsung hari Senin s/d Kamis tanggal 23 s/d 26 April 2018 dengan dihadiri oleh wartawan dari media surat kabar harian, mingguan dan siber serta melibatkan para narasumber dari Anggota Dewan Pers, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Sumut dan Aliansi Jurnalistik Indonesia (AJI) Medan, ujar Kadis Kominfo Ikhsan.(ARM)

print

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed