oleh

Bupati Sergai Resmikan Vihara Tridharma Buddha Pantai Cermin

-RAGAM, Serdang Bedagai-Dibaca : 369 Kali

PANTAI CERMIN, WARTATODAY.COM – Bupati Serdang Bedagai Ir H Soekirman resmikan Vihara Tridharma Buddha Pantai Cermin, Selasa,(19/2) di Kompleks Vihara Tridharma Buddha Desa Kota Pari Kecamatan Pantai Cermin

Bupati Sergai Ir H Soekirman didampingi Wabup H Darma Wijaya dan Dandim 0204/DS,mengatakan,kita menyadari bahwa yang hadir disini berbeda keyakinan dan pilihan adalah pasti, tapi dengan Buddha kita selalu bersatu.”Jangan kita menjadi gunting yang tajam namun memisahkan, namun jadilah jarum walau menyakitkan namun menyatukan yang terpisah”ujar Soekirman sembari memberi apresiasi bentuk artistik yang bagus dengan adanya lima bangunan Vihara yang sama besar ini adalah sesuai dengan jumlah lima sila dari Pancasila.

Lebih lanjut disampaikannya, sehubungan dengan adanya dua tempat ibadah Buddha di Sumut yang mendapatt rekor MURI di Pagoda di Brastagi dan Vihara Dewi Kwan di Pematang Siantar. Ini artinya tempat ibadah ternyata dapat menambah peningkatan jumlah wisatawan seperti halnya diharapkan pada Vihara Tridharma Buddha ini.

Sementara Ketua Yayasan Dharma Bakti Sejahtera Wiliadi menyampaikan, peresmian Vihara Tridharma Buddha memiliki arti bahwa rumah ibadah dibangun untuk memenuhi kebutuhan umat manusia dari sisi spiritualnya, juga untuk interaksi antara umat manusia dengan manusia, manusia dengan Para Suci bagi umat Buddha yang berada di Pantai Cermin khususnya, Kota Medan dan Sumatera Utara pada umumnya.

Dikatakannya,kegiatan keagamaan saat ini merupakan suatu proses yang dinamis, yang selalu bergerak dari waktu ke waktu seiring perkembangan zaman. Tempat ibadah tidak hanya berperan sebagai pusat ibadah, namun juga sebagai pusat perkembangan kualitas umat manusia. Maka dengan demikian, tugas-tugas pelayanan kedepan yang semakin besar menjadi tanggung jawab kita semua.

Dengan dibangunnya Vihara Tridharma Buddha ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan manusia dalam mengisi rohani, tempat ibadah merupakan tempat belajar, membina diri dan tentunya mendekatkan diri dengan Sang Pencipta dan Para Suci yang akan duduk di Altar Vihara yang dibangun,ucapnya.

Ditempat yang sama,Majelis Buddhayana Indonesia Ir Eddy Sujono SE MM mengucapkan capan terimakasih atas kehadiran Bupati, Wakil Bupati beserta jajaran, Forkopimda serta undangan sekalian. Sangat bergembira dan berbahagia karena telah bertambah satu lagi tempat ibadah dibawah naungan majelis Buddhayana Indonesia. Apresiasi terhadap pengelola dan panitia yang telah menggalang pendanaan sehingga Vihara ini dapat selesai sejak peletakan batu pertama pada 24 Mei 2016 lalu.

Kami berharap Vihara ini nantinya dapat benar-benar menjadi pusat ibadah dan pengembangan mental spiritual umat Buddha dan berjalan sesuai dengan peruntukannya.

Sementara perwakilan Sangga Agung Indonesia Bikhu Titawangsu berharapa dengan peresmian Vihara ini dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat khususnya umat Buddha dan apresiasi serta kehormatan atas dukungan dari Bupati Sergai sebagai bentuk penghormatan yang belum pernah kami lihat di daerah lain.

Pembimas Buddha Kementrian Agama Provsu Ketut Supardi, S.Ag, M.Si yang turut hadir mengatakan, Pembimas Kantor Kementerian Agama Provsu dan secara pribadi menyampaikan apresiasi yang luas biasa kepada panitia, donatur dan masyarakat Buddha di Sergai yang telah bersatu padu mewujudkan berdirinya Vihara Tridharma Buddha pada hari ini.

Sebuah keberuntungan bahwa kegiatan ini dilaksanakan bertepatan dengan berakhirnya tahun baru Imlek 2570 dan juga hari Cap Go Meh dimana menjadi hari yang luar biasa saat berkumpulnya orang-orang bijaksana dan yang dimuliakan pada masa lampau, namun diharapkan akan menurun kepada kita seperti pada hari ini,ujarnya.
(ARM)

print

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed