oleh

Conference Dengan Menteri, Bupati Sergai Bahas Pertanian

SERGAI, WARTATODAY.COM – Bersama kelompok Mulia Jaya Desa Melati II Kecamatan Perbaungan, Selasa (4/2/2020) Bupati Serdang H Soekirman melakukan video conference dengan tiga Menteri yaitu Menteri Pertanian, Menko Kemaritiman dan Menteri Agraria Tata Ruang serta Kepala Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) sekaligus me-launching Komando Strategis Pertanian (Konstratani) yang diwujudkan dengan Dashboard Agriculture War Room (AWR) di Kelompok Mulia Jaya Melati II Kecamatan Perbaunga

Bupati Soekirman mengatakan,sesuai dengan perkembangan Teknologi 4.0, video conference ini melibatkan lebih dari 500 tempat yang berupa badan penyuluh pertanian di kecamatan, maupun kantor pemerintah daerah dan ada juga kantor kementerian. AWR merupakan salah satu bagian dari program unggulan Kementerian Pertanian yang dirangkum dalam Komando Strategis Pertanian (Konstratani).

Adapun Struktur dari Kostratani ini jika di pusat merupakan Kostranas yang langsung dipimpin oleh Menteri. Sedangkan di provinsi disebut Kostrawil yang dipimpin langsung oleh Gubernur dan di daerah namanya Kostrada yang dipimpin oleh Bupati serta di kecamatan bernama Konstratani yang dipimpin pihak kecamatan.

Oleh sebab itu hari ini kita melakukan video conference dengan tiga Menteri untuk menunjukan kesiapan kita, dari 17 Kecamatan di Sergai ada lima Balai Penyuluh Pertanian (BPP) yang dilengkapi dengan alat-alat teknologi yang dapat langsung di monitor dari jauh,ujar Soekirman.

Dengan demikian Konstratani jika kita tarik kata merupakan dari kata Komando Strategi
(Kostrat), oleh sebab itu kedepannya pertanian ada komando yang jelas dengan angka-angka data yang jelas, kami disini siap mensukseskan asalkan amunisi di daerah lengkapi seperti sarana produksi pertanian, pupuk, irigasi semuanya bagus, maka Sergai siap mensukseskan pertanian.

Bupati mengusulkan kepada Menteri bahwa penyuluh pertanian di Tanah Bertuah Negeri Beradat perlu di tambah lagi, untuk itu kami meminta penyuluh pertanian dapat di tambahkan minimal seratus tenaga baru sebab Sergai terdiri dari 237 desa/kelurahan sementara penyuluh pertanian Sergai yang tersedia tidak dapat mencukupi kebutuhanan.Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga mengharapkan target surplus pertanian di Kabupaten Sergai dapat terus ditingkatkan.

Turut dalam conference tersebut Kepala Balai Penyuluhan dan Pengembangan (BPP) SDM Pertanian Susi Deliana Siregar, Balai Karantina Pertanian Kelas II Medan Kualanamu Wajiman, Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Aji Barbara, para Kepala OPD, Penyuluh Pertanian serta undangan lainnya. (ARM)

print

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed