oleh

Gubsu : Sudah Banyak kerjasama Yang dilakukan T.Tinggi dan Sergai

TEBINGTINGGI, WARTATODAY.COM – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi menyebutkan, sudah banyak kerjasama yang dilakukan oleh Pemko Tebingtinggi dan Pemkab Serdang Bedagai (Sergai) dan dari kerjasama itu ada beberapa hal keuntungan yang didapat kedua daerah, diantaranya biaya yang lebih irit, pembangunannya lebih cepat, daerah yang mampu mendukung daerah lainnya dan menghindari terjadinya komplik antar daerah.

Hal tersebut dikatakan Tengku Erry Nuradi saat melakukan kunjungan safari di kota Tebingtinggi yang dirangkai dengan penandatanganan kerjasama Sistem Penyedian Air Minum (Spam) regional, yang diberi nama Spam regional Seriti, antara Kota Tebingtinggi dan Kabupaten Serdang Bedagai di gedung Balai Kartini, jln Imam Bonjol kota Teningtinggi, Senin (4/6/2018).

Menurut Erry Nuradi, air bersih dan sehat merupakan suatu kebutuhan bagi setiap manusia, karenanya, kerjasama yang dilakukan kedua daerah kali ini juga menjadi sangat penting, guna memenuhi kebutuhan air minum masyarakat kota Tebingtinggi dan Serdang Bedagai, khususnya di empat Kecamatan.

Gubsu juga mengakui, sebelumnya Tebingtinggi dan Serdang Bedagai juga sudah melakukan kerjasama dalam proyek besar, yakni proyek bendungan Bajayu, dimana buat kota Tebingtinggi bendungan ini akan menghindari Tebingtinggi dari Banjir, sementara buat Serdang Bedagai bendungan ini akan mampu mengairi ratusan hektare areal persawahan masyarakat Sergai.

“Kerjasama antar daerah ini memang menjadi anjuran dari Presiden RI Joko Widodo, untuk lebih mempercepat pembangunan didaerah, dan banyak hal kerjasama yang dapat dilakukan, seperti kerjasama pangan” ujarnya.

Sebelumnya Wali Kota Tebingtinggi H Umar Zunaidi Hasibuan dan Bupati Serdang Bedagai H Soekirman menyampaikan dukungan sepenuh atas kerjasama ini. Kedunya juga mengucapkan terima kasih kepada Gubsu yang terus memberikan motivasi atas pembangunan Spam Regional Seriti ini bersama IUWASH wilayah Sumatera.

Sedangkan Perwakilan IUWAS Wilayah Sumatera M.Yagi dalam paparan singkatnya menyampaikan bahwa pengakajian Spam Regional Seriti ini telah dimulai sejak tahun 2012 lalu dan perolehan dananya dari Kementerian PUPR, APBD Sumut dan APBD ke dua Daerah.

Disebutkanya, dari pembangunan Spam Regional Seriti ini, nantinya dengan kapasitas 200 liter/ detik air bersih yang tersedia akan memenuhi kebutuhan air bersih pada 5 kecamatan di Tebingtinggi dan 4 Kecamatan di Kebupaten Serdang Bedagai yang berada pada henterland Kota Tebingtinggi.

Turut hadir dalam acara itu, sejumlah pejabat Pemprovsi, unsur FKPD kota Tebintinggi dan Serdang Bedagai, dn para alim ulama se Kota Tebingtinggi.- (js)

print

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed