oleh

Gustu Sergai Laporkan PDP Positif Dan Sembuh Dari Covid-19

-Serdang Bedagai-Dibaca : 41 Kali

SERGAI, WARTATODAY.COM – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19
Kabupaten Serdang Bedagai melalui Juru Bicara H Akmal, Jum’at (5/6/2020) laporkan kronologi Pasien Dalam Pengawasan (PDP),atas nama inisial AS (29) laki-laki asal Kecamatan Perbaungan dan PDP positif Covid-19 yang sembuh.

Akmal menjelaskan,pada Sabtu (23/5/2020), AS (29) mengalami demam dan beserta anak dan istrinya datang ke Perbaungan ke kediaman orang tuanya dan pada saat datang sudah mengalami batuk-batuk.
Senin nya (25/5/2020) bersama istri dan anaknya,AS kembali ke Medan.

Tiga hari kemudian (28/5/2020), AS berobat ke Rumah Sakit Colombia dengan keluhan demam, batuk dan pilek yang tidak kunjung sembuh dan menjalani rapid test dan AS yang menetap dan bekerja di Kota Medan ditetapkan statusnya sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Dua hari kemudian AS melakukan tes PCR/Swab dan tanggal yang sama Dinkes Sergai mendapat informasi adanya PDP asal Sergai yang sedang dirawat di RS Colombia Asia Medan. Kemudian pihak rumah sakit mengirimkan sampel Swap AS ke RS Murni Teguh Medan pada hari yang sama (30/5/2020)

Sampel Swap dideteksi di RS Murni Tegus dengan menggunakan Kit for 2019 Novel Coronavirus (2019-nCoV) RNA dan metode RT-PCR ABI 7500.
Pada 4 Juni 2020, hasil dari pemeriksaan terhadap AS (29) menunjukkan positif SARS-CoV-2 (Covid-19).

Hingga kini AS masih menjalani pengobatan dan isolasi di RS Colombia Medan.
Kemudian Dinas Kesehatan Serdang Bedagai melalui Petugas Puskesmas setempat melakukan tracing terhadap keluarga dan orang yang pernah melakukan kontak fisik dengan yang bersangkutan. Dinas Kesehatan akan melakukan tes swab pada hari Jumat tanggal 5 Juni 2020 pada keluarga dan orang yang memiliki riwayat kontak fisik dengan yang bersangkutan,ujar Akmal.

Selain itu Akmal juga merilis kronologi PDP yang sembuh dari Covid-19 yakni EG (9) dan RS (57) warga Dolok Masihul yang diketahui positif pada hari Rabu (20/5/2020) lalu.Kemudian YG (12) perempuan asal Kecamatan yang sama juga dinyatakan sembuh setelah diketahui positif Covid-19 pada hari Kamis (21/5/2020).

Dikatakan Akmal,EG (9), RS (57) dan YG (12) warga Kecamatan Dolok Masihul merupakan keluarga korban Covid-19 pertama di Sergai atas berinisial AJAS yang meninggal dunia pada tanggal 6 Mei lalu di RSUP H Adam Malik Medan.Ketiganya merupakan pasien positif Covid-19 dan di rawat di RS GL Tobing Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang.

Setelah 14 hari menjalani perawatan dan isolasi di RS GL Tobing, tanggal 4 Juni 2020 sekira pukul 17.12 WIB, Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara menyampaikan hasil bahwa ketiganya telah sembuh berdasarkan hasil swab yang sudah dilakukan dua kali berturut-turut dengan hasil Negatif.

Saat ini ketiga pasien yang dinyatakan sembuh telah dipulangkan di rumahnya di Kecamatan Dolok Masihul, namun tetap menjalankan protokol kesehatan di masa pandemic Covid-19 ini. (ARM)

print

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed