oleh

Wabup: “Jadikan UKW Sebagai Pionir Lahirnya Wartawan Profesional”

-Serdang Bedagai-Dibaca : 436 Kali
Wabub Sergai, Darma Wijaya SE menyematkan tanda peserta pada pembukaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW). (foto : AR.Manik/wartatoday)

SEI RAMPAH I WARTATODAY.COM – Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Selasa, (8/5) menggelar kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Tahun 2018 yang diikuti 70 wartawan di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah.Kegiatan selama 2 (dua) hari mulai Selasa-Rabu (8 s/d 9) Mei ini resmi dibuka Wabup Darma Wijaya, SE

Wabup Sergai mengemukakan bahwa kegiatan UKW dilaksanakan sebagai upaya Pemkab Sergai mewujudkan implementasi Undang-Undang Ri No 40 Tahun 1999 tetang Pers.Lebih lanjut Darma Wijaya menyampaikan, bahwa pekerjaan wartawan berhubungan langsung dengan kepentingan masyarakat atau publik, maka dalam melaksanakan tugasnya wartawan harus memiliki standar kompetensi yang memadai dan disepakati oleh masyarakat pers. Standar kompetensi itu menjadi “alat ukur” profesionalitas wartawan. Oleh karenanya, kegiatan UKW ini sangat penting untuk memenuhi ketentuan sehingga dapat dijadikan pedoman dalam hal penerapan profesi kewartawanan, katanya.

Selain itu, melalui UKW ini wartawan akan diuji kemampuan intelektual dan pengetahuan umumnya, sebab di dalam Standar Kompetensi Wartawan (SKW) itu melekat pemahaman tentang pentingnya kemerdekaan berkomunikasi, berkomunikasi berbangsa dan bernegara yang demokratis, papar Wabup.

Uji Kompetensi ini memang harus kita lalui mulai dari sekarang, karena kita ingin menjadi pionir lahirnya wartawan-wartawan yang profesional dan menjadi bagian tak terpisahkan dalam suksesnya pembangunan di Tanah Bertuah Negeri Beradat, pungkas Wabup Darma Wijaya.

Sebelumnya Kadis Kominfo Ikhsan, AP dalam laporannya menyampaikan tujuan dilaksanakanya kegiatan ini adalah untuk mempererat tali silaturrahmi serta meningkatkan kemitraan Pemkab Sergai dengan wartawan dalam hal mempublikasikan program-program maupun hasil-hasil pembangunan. Kemudian sebagai upaya meningkatkan kompetensi para wartawan khususnya dilingkungan Pemkab Sergai.

Untuk jumlah peserta sebanyak tujuh puluh orang serta melibatkan penguji yang berasal dari Direktur UKW Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat,Hendro Basuki, Sayid Iskandarsyah, IGMB Dwikora Putra, Ahmad Istiqom, Yudi Warman,Taty Fatimah, Syamsul Huda, Oktap Riyadi, Firdaus Komar, Eka Putra dan H. Hermansjah (Ketua PWI Sumut).

Disela-sela acara dilakukan penandatanganan Surat Perjanjian Kerjasama (SPKS) antara Pemkab Sergai melalui Dinas Kominfo dengan PWI Cabang Sumatera Utara sebagai admin dalam penyelenggaraan kegiatan UKW ini.
(ARM)

print

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed