oleh

Wabup Kepahiang Bengkulu Studi Tiru di Sergai

-RAGAM, Serdang Bedagai-Dibaca : 307 Kali

SEI RAMPAH I WARTATODAY.COM – Wabup Kepahiang Bengkulu,Neti Herawati, S.Sos lakukan kunjungan studi tiru di Serdang Bedagai guna melihat peranan Pemkab terhadap geliat Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang dapat mensejahterakan anggotanya sekaligus tentang pengembangan UKM tersebut.

Neti Herawati diterima Wabup Sergai H.Darma Wijaya,SE di Ruang Rapat Tengku Rizal Nurdin Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah,Kamis (13/9).Turut mendampingi Plt Asisten Pemerintahan Umum Drs. Herlan Panggabean,Staf Ahli Bupati Ramadhan Purba,Kadis PUPR Suwanto,Kadis P2KBP3A Hj. Irwani Jamilah, SH, M.Si,Kadis Kominfo yang diwakili Kabid E-government M. Fadhil Isa, S.STP.

Dihadapan Wabup Sergai,Neti Herawati, S.Sos menyampaikan terimakasih atas sambutan hangat dari jajaran Pemkab Sergai. “ Selain keperluan studi tiru, ini merupakan kunjungan balasan kami terhadap kunjungan yang pernah silakukan oleh jajaran Pemkab Sergai ke Kabupaten Kepahiang beberapa tahun silam. Semoga jalinan kerjasama dan silaturahmi ini tetap berjalan dengan baik serta mendapat wawasan ilmu dan pengetahuan,” ujar Neti.

Pemkab Kepahiang ingin melihat peranan Pemkab Sergai terhadap geliat Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang ada di daerah ini serta UKM tersebut  dapat mensejahterakan anggotanya sekaligus tentang pengembangan UKM tersebut di daerah ini,ujar Neti.

“Kami takjub karena ada beberapa program prioritas yang sudah diimplementasikan disini. Demikian juga Sergai telah mendapatkan penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) hingga 4 (empat) kali berturut-turut, Sedangkan Kepahiang masih dalam tahap peyusunan perda-nya. Oleh karena itu, studi tiru ini kami lakukan disini karena kami ingin tahun inovasi apa yang telah Sergai lakukan sehingga mendapatkan prestasi KLA tersebut,puji Wabup Kepahiang.

Sementara Wabup Sergai H.DarmaWijaya,SE,juga menyampaikan ucapan selamat datangnya di Kabupaten Sergai Tanah Bertuah Negeri Beradat sekaligus terimakasi juga karena telah memilih Sergai menjadi tempat  menimba ilmu .

Sergai memiliki luas areal perkebunan 100.000 Hektar dan luas persawahan 400.000 Hektar terbagi dalam  17 kecamatan dan 237 desa serta  6 kelurahan dengan jumlah penduduk lebih kurang 650 ribu jiwa,papar Darma Wijaya.

Lanjut disampaikannya,terdapat tiga kecamatan  setrategis yang cukup padat penduduknya yaitu Kecamatan Perbaungan,  Kecamatan Dolok Masihul, Kecamatan Sei Rampah. Sedangkan untuk daerah wisatanya ada di kecamatan Pantai Cermin yaang merupakan wilayah pesisir pantai.Dengan demikian mayoritas pendapatan pekerjaan masyarakatnya adalah pekerja perkebunan dan pertanian.Sergai lebih mengutamakan pembangunan tempat-tempat atau kantor yang bergerak dalam pelanyanan masyaakat,ucap Wabup.

“ Kini apa yang bisa kita tiru, ya….kita tiru dan apa yang bisa kita ambil kita ambil sehingga kita saling bertukar pendapat sebab kita di sini bukanlah studi banding melainkan studi tiru. Hal ini akan menjadi sebuah kemajuan daerah kita dan apa yang kira-kira diperlukan kami siap melanyani,”terangnya.

Disisi lain, setelah selesainya pembangunan jalan tol Medan-Tebingtinggi membuat UKM yang ada di Sergai mulai redup, masyarakat pengrajin UKM juga mulai gelisah.Namun untuk menyikapi hal tersebut kami dari pemkab sergai akan membangun “rest area” yang akan ditempati para UKM khas Sergai  dan beragam restoran dengan olahan makanan khas daerah kita juga,ucapnya mengakhiri.

Kunjungan tersebut diisi dengan bincang-bincang beragam hal, dan beberapa yang di pertanyakan oleh Wabup Kepahiang beserta rombongan diantaranya perihal pengolahan UKM dan produk unggulan daerah,   pengolahan aset daerah,  beragam inovasi daerah,  akuntabilitas,  e-kinerja dan ketahanan pangan daerah.(ARM)

print

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed