oleh

Bawaslu Tebingtinggi Gelar RDK Peran Publikasi dan Kehumasan

-RAGAM, Tebing Tinggi-Dibaca : 335 Kali

TEBINGTINGGI, WARTATODAY.COM – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Tebingtinggi gelar Rapat Dalam Kantor (RDK) membahas Peningkatan Kapasitas Kesekretariatan dan peran publisitas kehumasan bagi lembaga pemerintah, Selasa sore (30/7/2019), di Sekretariat Bawaslu Tebingtinggi Jalan Deblod Sundoro. Hadir sebagai narasumber, Hendra Harahap, Msi, PhD dari USU dan Marwan S.Ag dari Komisioner Bawaslu Sumatera Utara.

Ketua Bawaslu Kota Tebingtinggi, Huriadi Panggabean, SP dalam sambutannya mengatakan, guna memaksimalkan kinerjanya dalam mendukung institusi Bawaslu menjalankan fungsi pengawasan tahapan Pemilu sekaligus pencegahan berbagai bentuk pelanggaran, maka diperlukan peningkatan kinerja kehumasan didalam mengaflikasikan program-program Bawaslu ke publik.

” Dengan adanya kegiatan ini diharapkan nantinya apa yang dipaparkan narasumber dapat menambah wawasan dan kinerja kita khususnya bidang kehumasan dan informasi publik “, harap Huradi.

Sementara itu, narasumber Hendra Harahap dalam paparannya menjelaskan, banyak program atau cara Bawaslu untuk mempublikasikan seluruh kegiatannya ke masyarakat, termasuk melalui media cetak dan elektronik. Selain itu juga perlu dibentuk relawan atau komunitas yang dapat mengkampanyekan program Bawaslu Tebingtinggi. Hal ini tidak hanya dilakukan menjelang tahapan pemilihan, namun lebih efektif dilakukan dimasa tenang seperti saat ini.

Selain melalui media massa, Bawaslu di daerah juga perlu memiliki portal media yaitu website yang bisa diakses oleh masyarakat luas. Tentunya website ini selain diisi dengan kegiatan Bawaslu juga bisa mengapload tatacara ” berpolitik yang sehat ” sehingga nantinya dapat meminimalisir pelanggaran pemilu sekaligus mengkampanyekan tingkat partisipasi pemilih khususnya di Tebingtinggi.

” Peran humas dan publikasi sebuah lembaga sangat penting menjembatani penyampaian informasi dari dalam institusi kepada masyarakat dan dari luar intitusi ke internal Bawaslu. Karenanya, Humas diharapkan mampu mengemas perwajahan institusi Bawaslu melalui media internal yang dimiliki website “, kata Hendra.

Hal senada juga dikatakan Komisioner Bawaslu Sumatera Utara. Marwan mengharapkan Bawaslu Kota Tebingtinggi memiliki kemuhasan yang mampu menyiarkan program-program Bawaslu khususnya di website. Tentu hal ini tidak terlepas dari anggaran dana.

” Humas itu adalah perwajahan sebuah lembaga, sebagaimanapun hebatnya sebuah lembaga kalau humasnya tidak bisa mewakili lembaga itu maka tidak ada artinya “, papar Marwan.

Kegiatan Rapat Dalam Kantor Bawaslu Kota Tebingtinggi dihadiri Kasubbag Humas Polres, KPU, PWI, Diskominfo dan Komisioner Bawaslu Kota Tebingtinggi. Acara dipandu oleh Zulfi Pandapotan sebagai moderator,-(red)

print

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed