Belum ada Kasus Corona di Tebingtinggi, Plt Sekda Minta Masyarakat Tidak Panik

Tebing Tinggi25 Dibaca
Plt Sekdakot M.Dimiyathi bersama Kadis Keaehatan, Direktur RSUD, Kasis Kominfo dan Edi Irawan daei Forum Peduli Masyarakat Sehat (FPMS) usai Talkshow terkait “Pencegahan Penyebaran Virus Corona di Kota Tebingtinggi”.- (Poto : ist/kominfo)

TEBINGTINGGI, WARTATODAY.COM – Pemerintah Kota (Pemko) Tebingtinggi menegaskan bahwa hingga saat ini belum ada ditemukan masyarakat ataupun pasien yang yang terindikasi virus corona di kota Tebingtinggi, karenanya masyarakat juga diminta tidak resah maupun panik terhadap penyebaran virus Corona tersebut.

Hal itu ditegaskan Pelaksana Tugas (Plt) Sekdakot Tebingtinggi M.Dimiyathi dalam acara Talkshow terkait “Pencegahan Penyebaran Virus Corona di Kota Tebingtinggi”, disalah satu stasiun Radio Swasta, Kamis (30/1/2020).

“Tebingtinggi belum ditemukan adanya pasien dan masyarakat terindikasi atau terjangkit virus Corona”, Namun kedepannya, jikapun ada ditemukan masyarakat terindikasi virus itu, jajaran Pemko Tebingtinggi telah sudah siap baik secara fasilitas pendukung maupun Paramedis dalam melakukan penanganannya” ujar Dimiyathi

Ia juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak perlu panik ataupun khawatir dengan issue yang kurang bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya terkait penyebaran Virus Corona tersebut.

“Kepada masyarakat juga diminta untuk menunda perjalanan ke daerah-daerah terindikasi suspect virus corona, serta meningkatkan perilaku hidup sehat, menjaga kebersihan karena mencegah itu lebih baik” pesannya.

Senada, Kadis Kesehatan kota Tebingtinggi Nanang Fitra Aulia juga meminta masyarakat tidak perlu panik dan tetap mengedepankan perilaku hidup sehat. Masyarakat perlu mengetahui bahwa penyebaran virus corona ini melalui saluran pernapasan dan bisa menyebar lewat hewan seperti ular ataupun kalelawar.

Ciri-cirinya seperti menderita demam sampai 38 C, adanya batuk serta sesak napas, tetapi tidak semua pasien dengan ciri-ciri tersebut bisa langsung disebut terkena virus corona, perlu adanya diagnosa lebih lanjut.

Direktur RSUD Kumpulan Pane Yohnly B. Dachan menambahkan bahwa pihaknya sudah mempersiapkan diri didalam melakukan penanganan jika ada masyarakat terpapar penyakit-penyakit yang diakibatkan virus dan bukan hanya virus corona, RSUD sudah menyiapkan adanya ruang isolasi, adanya tim konsultasi. RSUD Kumpulan Pane adalah fasilitas kesehatan yang disediakan pemerintah kota tebingtinggi untuk penanggulangan sementara sebelum dirujuk ke RS yang telah ditunjuk pemerintah yakni RS Adam Malik.

RSUD Kumpulan Pans dan Puskesmas-puskesmas yang ada juga disiagakan 24 jam untuk menangani masyarakat yang membutuhkan pertolongan kesehatan termasuk korban virus corona ini. Jadi kalau ada keluhan kesehatan segera periksakan diri untuk mendapatkan penanganan yang tepat, masyarakat juga dihimbau untuk selalu menggunakan masker jika bepergian keluar rumah, karena bisa mengurangi kemungkinan terjangkitnya berbagai penyakit seperti ISPA.- (js)

print

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *