oleh

Damkar Tebing Tinggi Lantik Relawan Pemadam Kebakaran Kampung

-RAGAM, Tebing Tinggi-Dibaca : 57 Kali

TEBINGTINGGI, WARTATODAY.COM – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Tebingtinggi gelar Pelantikan Tim Relawan Pemadam Kebakaran Kampung se Kecamatan Rambutan. Selain pelantikan, kegiatan juga dirangkai dengan Sosialisasi dan Pelatihan Pemadam Kebakaran, Selasa (2/8/2022) di Dinas Pemadam Jalan Gunung Agung Komplek Perkantoran BP7.

Kegiatan Sosialisasi, Pelatihan dan Pelantikan dihadiri pihak Kecamatan beserta Lurah se Kecamatan Rambutan dan para Relawan. Sebagai Narasumber terdiri dari para Kabid dan Kasi Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Tebingtinggi diantaranya, Hersan Koto, Nurhanum, Leli Suriani dan Tapip Lubis.

Kadis Damkar dan Penyelamatan Kota Tebingtinggi H Abdul Halim Purba mengatakan, Relawan Pemadam Kebakaran ini dibentuk berdasarkan Surat Mendagri, tentang Percepatan Pembentukan Relawan Pemadam Kebakaran.

Relawan ini penting karena memang kita butuhkan saat dilapangan. Terkadang masyarakat kurang memahami tentang bahaya dan gangguan jika terjadi kebakaran. Relawan ini lah nantinya kedepan akan memberikan pengarahan dan pengetahuan kepada masyarakat.

“Misalnya, relawan mengarahkan petugas kearah mana terdekat untuk evakuasi, mengetahui titik api maupun sumber airnya. Relawan juga nantinya akan mengedukasi warga tentang bahaya yang dapat menimbulkan kebakaran, atau pun tindakan awal yang tepat dilakukan jika terjadi kebakaran,” kata Halim Purba.

Halim Purba menyampaikan, kepada Tim Relawan Pemadam Kebakaran Kampung juga diberi pelatihan bagaimana tentang api, apa penyebabnya, bagaimana memadamkannya dan kemudian ada praktek atau simulasinya yang dilakukan oleh para relawan. Selanjutnya kita lanjutkan dengan pelantikan.

“Dan setelah pelantikan ini kedepannya akan ada pelatihan lanjutan, sehingga akan terbentuk relawan yang fokus membantu Dinas Pemadam dan Penyelamatan Kota Tebingtinggi. Hal yang sama juga nantinya akan dilakukan di kecamatan lainnya di Kota Tebingtinggi,” ungkap Halim Purba.

Manfaat dibentuknya Relawan Pemadam Kebakaran kata Halim Purba diantaranya, mengoptimalkan koordinasi dengan Tim Relawan Pemadam Kebakaran Kampung, mempermudah pihak internal maupun eksternal dalam menerima laporan kejadian kebakaran, meningkatkan kinerja Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Tebingtinggi,

Kepada masyarakat Halim Purba mengimbau agar dapat membantu petugas pemadam dalam hal pencegahan dan pemadaman pada saat terjadinya kebakaran, harap Kadis Damkar dan Penyelamatan Kota Tebingtinggi.

Dalam pelatihan tersebut para Narasumber dalam materinya menerangkan tentang sipat api dan bahan bakar. Klasifikasi Kebakaran yang terjadi pada benda padat, BBM, Listrik dan Logam, serta metode Pencegahan Kebakaran termasuk bahaya kebakaran yang disebabkan puntung rokok, stop kontak listrik hingga jalur evakuasi.

Menurut Narasumber, korsleting listrik dan kebocoran tabung gas merupakan penyebab terbesar terjadinya kebakaran. Tips jitu jika terjadi kebakaran awal yang disebabkan korsleting listrik maupun kebocoran gas juga disampaikan kepada relawan, sekaligus mengikuti simulasi penanggulangan bencana kebakaran.

Selanjutnya kegiatan ditutup dengan Pelantikan Tim Relawan Pemadam Kebakaran Kampung se Kecamatan Rambutan, oleh Kadis Damkar dan Penyelamatan Kota Tebingtinggi H Abdul Halim Purba. (APA)

print

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.