Desa Damak Tolong Buho Sergai Pantau Pendatang

Tebing Tinggi81 Dibaca
Kepala Desa Damak Tolong Buho Jesayas Manullang (kaos Orange) turut memantau posko pemantauan.(Photo:AR.Manik/WartaToday.Com)

SERGAI, WARTATODAY.COM – Desa Damak Tolong Buho Kecamatan Bintang Bayu Kabupaten Serdang Bedagai mendirikan posko pemantauan dan membuat portal untuk memantau pendatang masuk ke desa tersebut. Tim relawan Covid-19┬áterdiri dari Perangkat Desa,BPD dan warga telah menyiapkan menjaga posko.

Pantauan WartaToday.com di lapangan, Sabtu (11/4/2020), di depan SDN 106452 Damak Tolong Buho didirikan posko dan portal untuk memantau para pendatang yang masuk ke desa tersebut.

Kepala desa bersama perangkatnya serta anggota Badan Permusyawaratan di desa itu memeriksa setiap warga yang melintas di daerah itu. Terutama untuk para pedagang dari luar, di posko telah disiapkan hand sanitizer dan wastafel dan sabun. Kendaraan yang melintas di depan posko juga disemprot cairan disinfektan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di desa tersebut.

Kades Damak Tolong Buho Jesayas Manullang mengatakan, posko pemantauan itu sudah didirikan satu minggu ini. Setiap warga yang keluar dan masuk di pantau. Khusus bagi warga yang datang dari luar desa wajib diperiksa termasuk dengan alat pengukur suhu badan.

“Anggota BPD dan warga yang rela juga ikut memantau di posko yang telah kita sediakan. Kita melakukan pemantauan di posko sejak pukul 6.30 sampai 17.00 WIB,bahkan terkadang hingga pukul 19.00 WIB,ujar Jesayas

Selain itu,kepada para perantauan yang pulang langsung di isolasi dirumah masing-masing selama 14 hari kedepan dimana sebelumnya telah berkoordinasi dengan pihak Puskesmas Bintang Bayu.

Dari data yang dimiliki Pemdes Damak Tolong Buho,ada lima orang perantau yang pulang kampung diantaranya dua dari daerah Jogyakarta dan tiga dari Pekan Baru.Warga turut berpartisipasi melakukan pemantauan atas warga yang pulang merantau tersebut,tukas Manullang.(ARM)

print

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *