oleh

Kadis Kesehatan Bersafari ke Puskesmas se Tebingtinggi

-Tebing Tinggi-Dibaca : 583 Kali

TEBINGTINGGI, WARTATODAY.COM – Sejak dilantik menjadi Kepala Dinas Kesehatan kota Tebingtinggi, dr H Nanang Fitra Aulia Sp.PK secara bergiliran melakukan safari (kunjungan kerja) ke sembilan Puskesmas yang ada di kota Tebingtinggi, selain melaksanakan apel, dr Nanang juga melaksanakan rapat kordinasi dengan para kepala Puskesmas dan staf.

Dalam kunjungan safari ke Puskesmas Teluk Karang, Jumat (13/4/2018), Kadis Kesehatan dr H Nanang Fitra Aulia didampingi Sekretaris Azhar dan beberapa Kabid Dinkes sekaligus meninjau pembuatan septictank kedap di salah satu rumah warga yang merupakan kerjasama dengan Iuwash dan Dinas Kesehatan Tebingtinggi.

Pembuatan septictank kedap ini merupakan salah satu kegiatan mendukung program Kota Sehat 2018 selain ada juga program sanitasi dan air bersih. “Kegiatan ini dilaksanakan bekerjasama dengan Iuwash, dengan harapan warga masyarakat semakin memahami betapa pentingnya pola hidup sehat tersebut,” ujar Kapus dr Vera.

Pada kesempatan itu, Kadis Kesehatan menyampaikan apresiasi kepada Kapus Teluk Karang dr Vera yang ikut aktif berperan dalam mensosialisasikan program penyehatan lingkungan dan salah satunya adalah pembuatan septictank kedap.

“Saya berharap peran aktif Kapus Teluk Karang ini kiranya dapat diikuti oleh puskesmas lainya yang ada di Tebingtinggi, para Kapus harus punya inovasi dan kreatifitas di daerahnya masing-masing, jika perlu lakukan jemput bola ke masyarakat, bukan hanya sekedar menunggu saja,” imbuh dr Nanang.

Menurut dr Nanang, banyak yang bisa dilakukan, tidak usah yang rumit-rumit, ringan tapi bermanfaat bagi masyarakat terutama yang berkaitan dengan masalah kesehatan. “Hal-hal ringan tapi bermanfaat bagi masyarakat itu bisa dilakukan dengan memberikan penyuluhan, mengajak para kader jumantik, atau kader posyandu dengan melakukan kerja sama dengan pihak kecamatan atau kelurahan,” katanya.

Dinkes juga berencana akan membuat masing-masing Puskesmas memiliki pelayanan unggulan dan target utamanya adalah Puskesmas di Tebingtinggi harus terakreditasi dengan melengkapi sarana dan prasarananya. “Untuk itu kami memerlukan dukungan dari semua pihak seperti DPRD, Camat dan Lurah dimana tempat beroperasinya Puskesmas yang berhubungan langsung dengan masyarakat,” terangnya.

Disampaikan Kadis Kesehatan bahwa program menjadikan Tebingtinggi sebagai Kota Jasa yang digadang Walikota H Umar Zunaidi Hasibuan harus jadi perhatian serius jajaran Dinas Kesehatan, yakni Puskesmas dan RSUD Kumpulan Pane. “Dinkes Tebingtinggi harus memacu kinerja jajarannya dan kuncinya adalah pada Puskesmas dan RSUD sebagai unit pelaksana teknis (UPT),” ujar dr Nanang yang juga Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Patalogi Klinik Sumut.- (js)

print

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed