Pemko Tebingtinggi Raih WTP TA 2019

Tebing Tinggi19 Dibaca

TEBINGTINGGI, WARTATODAY.COM – Pemerintah Kota Tebingtinggi menerima penghargaan dari Kementerian Keuangan atas capaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Pemko Tebingtinggi Tahun Anggaran 2019.

Penghargaan itu diserahkan melalui Kabid PAPK Kanwil DJPb Provinsi Sumatera Utara, Mercy Monika R Sitompul, kepada Wali Kota Tebingtinggi Umar Zunaidi Hasibuan, di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) jalan Sutoyo kota Tebingtinggk, Kamia (12/11/2020).

Selain kota Tebingtinggi, penghargaan WTP tersebut juga diserahkan kepada Pemkab Deli serdang dan Pemkab Serdang Bedagai.

Mercy Monika R Sitompul menyebutkan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut rapat kerja Akuntansi dan Pelaporan Keuangan tahun 2020 yang telah dilaksanakan oleh Kementrian Keuangan pada tanggal 22 September 2020 secara virtual.

Dijelaskan Mercy, untuk Provinsi Sumut, dari 33 Kabupaten Kota yang ada, 21 Pemerintah Daerah berhasil mendapat Opini WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), tahun ini Kota Tebingtinggi, Kabupaten Deli Serdang dan Kabupaten Sergai kembali menerima Opini WTP atas LKPD tahun 2019, hal ini merupakan capaian yang sangat membanggakan dan patut diapresiasi.

“Sebagai wujud apresiasi pemerintah atas capaian tersebut, Menteri Keuangan RI memberikan penghargaan kepada Kota Tebingtinggi, Kabupaten Deli Serdang dan Kabupaten Sergai berupa piagam WTP karena telah berhasil memperoleh opini terbaik dari BPK RI,” ujarnya.

Disampaikannya, capaian opini terbaik atas laporan keuangan merupakan salah satu indikator dari praktik pengelolaan keuangan negara yang sehat dan sesuai dengan perundang undangan dan best practice. Capaian opini terbaik bukan semata mata ditentukan oleh penyakit laporan keuangan yang berkualitas dan kecukupan pengungkapan tetapi juga di topang oleh aktifitas sistem pengendalian intern yang memadai kepatuhan kepada perundang undangan.

“Capaian WTP merupakan bagian semakin meningkatkan tata pengelola keuangan di Pemerintah Daerah, bukan hanya mengelola uang negara, barang milik negara, tetapi ini tanggung jawab dalam melaksanakan funsi pemerintahan didaerah,” paparnya.

Wali Kota Tebingtinggi Umar Zunaidi Hasibuan, mengucapkan terima kasih atas penghargaan WTP itu dan dikatakanya, hal tersebut berkat kerja keras Organisasi Pimpinan Daerah (OPD).

Menurut Umar, WTP ini setiap tahun penilaian selalu berbeda, dimana kita harus mampu menata administrasi, menata aset dan kita melakukan sistem pembayaran secara online dan itu harus dilakukan secara sebaik baiknya.

“Kami menyatakan bahwa saat ini peran digitalisasi merupakan bagian yang kita lakukan saat sekarang ini, pembayaran dilakukan dengan terbuka dan transparan, kami menyatakan kami sudah berbuat sebellum ada dukungan dengan pemerintah pusat, tentu kami mengharapkan banyak arahan, bimbingan dan saran, agar kami bisa mengoptimalkan daerah” urai Wali Kota.- (js)

print

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *