oleh

Uji Coba Sekolah Tatap Muka di Tebing Tinggi Terapkan Prokes Ketat

-RAGAM, Tebing Tinggi-Dibaca : 703 Kali

TEBINGTINGGI, WARTATODAY.COM – Pelaksanaan uji coba Pembelajaran Tatap Muka (PTM) resmi dimulai Pemerintah Kota Tebingtinggi melalui Dinas Pendidikan setempat. Pembelajaran Tatap Muka di sekolah dimulai dari hari Rabu (18/8/2021). Namun uji coba PTM ini hanya diikuti 3 sekolah perjenjang yakni, PAUD, SD dan SMP dengan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) yang ketat.

Pantauan wartatoday di SMP Negeri 4 Kota Tebingtinggi, Kamis (19/8/2021), terlihat siswa dan guru antusias mengikuti dan melaksanakan proses belajar mengajar di kelas. Seluruh proses PTM langsung diawasi Tim Pengawas dari Dinas Pendidikan setempat.

Salah seorang siswa kelas 7 SMP Negeri 4 Tebingtinggi Naisa Arzya Daulay mengaku senang akhirnya bisa kembali bertemu teman-teman dan guru. Naisa mengaku banyak yang harus dipersiapkan saat hendak kesekolah termasuk, masker dan hands sanitizer.

“Sebelum masuk kekelas kami harus cuci tangan dahulu dengan sabun dan dilarang berkerumun dan menjaga jarak kesesama teman,” katanya.

Hal yang sama juga dirasakan Vira Wardhani selaku guru matematika SMP Negeri 4. Menurutnya, karena anak-anak sudah lama tidak Pembelajaran Tatap Muka, maka tadi saya konsep dasar matematika dan saya ulangi lagi. Kemudian yang terpenting adalah anak-anak dimotivasi dulu, karena anak-anak uda terbiasa belajar dari rumah selama ini.

“Jadi kita ngak tau pembelajaran seperti apa selama ini di rumah, untuk itu motivasi awal itu penting untuk anak-anak dan konsep-konsep dasar mata pelajaran,” ujarnya.

Sementara itu, menurut Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Tebingtinggi Raimunda Simanjuntak, S.Pd, M.Pd mengungkapkan, Ada beberapa kriteria yang harus kita penuhi sesuai dengan hasil rapat dengan Dinas Pendidikan setempat. Kriteria yang dimaksud adalah, Siap Sekolah terhadap persyaratan Protokol Kesehatan termasuk aturan didalam kelas dan Siap Guru yang sehat dan sudah mengikuti vaksinasi.

“Dan didalam kelas kita juga membatasi jumlah kapasitas yang hadir hanya 33 persen dari jumlah siswa satu kelas. Siswa yang mengikuti Pembelajaran Tatap Muka, orang tua siswa diharuskan mengantar dan menjemput anaknya kesekolah,” jelas Kepsek.

Dari pantauan Tim Pengawas dari Dinas Pendidikan Kota Tebingtinggi, pelaksanaan uji coba PTM di SMP Negeri 4 sudah berjalan dengan baik.

Zulkarnaen selaku pengawas menjelaskan telah melakukan pengawasan ketat terhadap kegiatan uji coba Pembelajaran Tatap Muka disekolah ini. Dari persiapan yang dilakukan oleh pihak sekolah, termasuk penerapan Protokol Kesehatan, kegiatan Belajar Tatap Muka sebenarnya sudah layak dilaksanakan di Tebingtinggi.

“Namun tentunya harapan tersebut harus menunggu dan mengikuti aturan serta intruksi pemerintah provinsi,” ujar Zulkarnaen. (red)

print

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed