Wisuda dan Pelepasan 256 Siswa SMP Negeri 9 Tebing Tinggi Meriah

Tebing Tinggi1,904 Dibaca

TEBING TINGGI, WARTATODAY.com – Perpisahan dan pelepasan siswa kelas IX merupakan agenda rutin sekolah yang dilaksanakan setiap tahun setelah semua proses pembelajaran di kelas IX selesai atau setelah Ujian Nasional selesai dilaksanakan.

Selain sebagai ajang silaturahmi antar siswa, orang tua, dan warga sekolah, acara ini juga sebagai prosesi melepas siswa kelas IX yang telah menyelesaikan masa belajarnya selama tiga tahun di jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Masa tiga tahun akan berakhir dan perpisahan tak terelakkan sebagai bagian dari akhir periode interaksi tersebut pasca Ujian Nasional. SMP Negeri 9 Kota Tebing Tinggi pun.melepas 255 siswa kelas IX yang di simpul dalam acara bertajuk Wisuda dan Pelepasan Siswa SMP Negeri 9 Tahun Ajaran 2023 / 2024 pada Rabu ( 22/5/2024 ) bertempat di Ball Room Hotel Amanda, Jalan Sutomo Kota Tebing Tinggi.

Dengan awali tarian persembahan acara di buka dengan upacara nasional, seluruh yang hadir dan lagu padamu negeri
menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan di lanjutkan do’a. dibawakan oleh Horasman, S.Pd.I.

Dalam Laporannya, Ketua Panitia Pelepasan Siswa/i SMPN 9 Tebing Tinggi, Arbiadi menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya wisuda dan pelepasan siswa / siswa SMP Negeri 9 Kota TebingTinggi selanjutnya sambutan dari yang mewakili orang tua siswa.

Pengumuman Siswa/i terpilih kategori memiliki integritas terbaik sejak kelas VII yang di sampaikan Alexander.. dan siswa yang terpilih adalah Syahrani Mutia Anandita, Moriska Zahra Rafena serta Barisa Andriani Guchi, dan Joy Martin Pasaribu.

Dalam sambutan perpisahan Plt. Kepala SMPN. 9 Tebing Tinggi. Rahmadsyah Putra, S.Pd. mengatakan pada rekrutmen siswa tahun ajaran 2024, menawarkan program yang merupakan bentuk promosi yaitu program peningkatan prestasi yakni program pengembangan karakter, program keagamaan semuanya di tangani oleh tim solid dari kalangan sekolah SMP Negeri 9.

Di sambutan awalnya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tebing Tinggi Idham Khalid dihadapan 600 an hadirin, mengapresiasi semua pihak terlebih panitia penyelenggara juga partisipasi orang tua siswa yang telah melaksanakan acara wisuda / pelepasan 256 siswa kelas IX SMP Negeri 9 Kota Tebing Tinggi yang terbilang cukup meriah.

” Hari ini kita pantas berbangga karena Kota Tebing Tinggi memperoleh peringkat teratas dalam kinerja Merdeka Belajar untuk tingkat Sumatera Utara dengan nilai 77 point, angka leterasi juga meningkat dan ini merupakan wujud dari kerja para guru dan kepala sekolah ” sebutnya.

Idham Khalid mengakui cukup bangga bahwa dari data yang ada cukup membanggakan terkait angka partisipasi umur, antara 7 tahun sampai 15 tahun sangat luar biasa terbilang 99,98 persen. Tersisa 0.02 yang mungkin sekolah di luar atau tidak melanjutkan sekolah.

Dia berpesan kepada 256 siswa SMP negeri 9 atau siswa lain yang setingkat SMP yang akan melanjutkan pendidikan tidak harus mengejar sekolah favorit. Itu hanya pengertian di masyarakat bahwa ada sekolah favorit dan tidak favorit.

“Kepada orang tua dan anak-anak kemanapun mau melanjutkan pendidikan,, tidak harus mengejar sekolah tersebut, karena sudah ada contoh siswa pintar dari sekolah ini, jadi pintar justru bukan di sekolah favorit, semua tergantung kita, bukan tergantung sekolahnya kemana kita mau melanjutkan tidak harus ke sekolah yang katanya favorit ” jelasnya.

Hal ini di jelaskannya , agar tidak terjadi penumpukan pendaftaran siswa baru hanya di satu atau dua sekolah lanjutan saja. ” Tidak harus seperti itu ” sebutnya lagi.

Katanya dimana ada zonasi di tempat tinggal calon siswa sebaiknya di situ saja sekolahnya, dan tahun ini hanya satu pilihan seleksinya cukup jelas, hanya satu. pilihan dan tidak akan ada perlakuan guru-guru terhadap muridnya berbeda-beda di setiap sekolah.

Di penghujung acara Pelepasan 256 Siswa/i Kelas IX SMP Negeri 9 Tahun Ajaran 2023/2024 masih ada acara tambahan yakni pemberian medali dan sertifikat. Bahkan pihak sekolah meminta siswa yang di wisuda untuk melakukan Muhassabah diri di hadapan para orang tuanya yang mendampingi mereka.
sekaligus ucapan terima kasih dari siswa/i SMPN 9 Tebing kelas IX kepada para guru mereka.

Prosesi Wisuda dan Pelepasan Siswa SMP Negeri 9 Tahun Ajaran 2023 / 2024 di tutup dengan acara hiburan yang di tampilkan para siswa.yang merupakan adik kelas yang di wisuda / dilepas pada hari ini.- ( MET)

print

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *