oleh

Maruli Simanjuntak Resmi Menjabat Danpaspampres

-NASIONAL, RAGAM-Dibaca : 456 Kali
Panglima TNI (tengah) Danpaspampres Brigadir Jenderal TNI Maruli Simanjutak (kanan) bersama Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono (kiri) salam komando sesuai sertijab, Rabu (19/12/2018).- (Photo : dok Kapuspen TNI)

JAKARTA, WARTATODAY.COM – Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Maruli Simanjuntak resmi dilantik menjadi Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres). Maruli menggantikan Mayjen TNI (Mar) Suhartono yang dirotasi menjadi Komandan Korps Marinir.

Pelantikan itu dipimpin langsung oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di lapangan Mako Paspampres, Jakarta Pusat, Rabu (19/12/2018).

Panglima TNI dalam sambutannya menyebutkan rotasi yang terjadi di tubuh TNI merupakan hal yang wajar dan merupakan dari regenerasi dan pembinaan organisasi.

“Dengan perbedaan tersebut diharapkan kualitas dan kapasitas personil serta satuan semakin meningkat kita harus menyadari bahwa peningkatan tersebut sangat dibutuhkan dalam rangka melaksanakan tugas terutama menghadapi spektrum ancaman yang semakin kompleks,” ucap Hadi.

Tidak hanya sebagai perisai hidup bagi presiden, Panglima TNI juga berharap keberadaan Paspampres juga dapat menjadi etalase simbol negara di mata dunia internasional.

“Saudara-saudara adalah perisai sekaligus etalase simbol negara dan simbol pemerintahan di balik kesiapsiagaan dan kewaspadaan saudara-saudara dituntut untuk santun ramah sekali tegas dan tidak ragu-ragu terlebih lagi tantangan,” sebutnya.

Dunia Paspampres sendiri bagi Maruli yang merupakan lulusan Akademi Militer 1992 ini sudah tak asing lagi, sebab dalam karirnya Maruli pernah menjabat sebagai Komandan Grup A Paspampres dari 2014-2016. Grup A merupakan grup yang melekat langsung dalam mengamankan Presiden.

Dari Komandan Grup A Paspampres, Maruli yang juga menantu dari Menko Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan itu kemudian mendapat promosi jabatan dan mengemban amanat sebagai Komandan Korem 074/Warastratama (Solo).

Pada April 2017, Maruli kembali bergabung dalam korps Paspampres dan menjabat sebagai Wakil Komandan Paspampres. Kemurian pada Oktober 2018, Maruli kembali dirotasi menjadi Kasdam IV/Diponegoro.

Baru satu bulan mengemban jabatan tersebut, kini Maruli Simanjuntak kembali mendapatkan promosi sebagai Komandan Paspampres.-

Sumber : wartakota
print

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed