oleh

Gempa Tektonik Berpusat di Taput Terasa Hingga ke Wilayah Humabahas

-Humbahas, PERISTIWA-Dibaca : 99 Kali

HUMBAHAS, WARTATODAY.com – Gempabumi melanda Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) dengan kekuatan: 6.0 SR, waktu gempa terjadi Pukul 02:28:41 WIB, Sabtu 01-Okt-2022, Gempa ini tidak berpotensi Tsunami.

Menurut data BMKG gempa berasal dari Kabupaten Tapanuli Utara Skala 6.0 Koordinat 2,11° LU ; 98,83° BT, berlokasi di darat wilayah Tapanuli Utara, Sumatera Utara pada kedalaman 10 km.

Di daerah Siborong borong, Televisi sampai jatuh dari rak TV akibat guncangan yang begitu memprihatinkan.

Masyarakat yang berada di kabupaten Humbang hasundutan sempat panik akibat guncangan gempa sehingga banyak warga yg meninggalkan rumah kediamannya sampai keluar ke halaman rumah untuk mencari pengamanan dan perlindungan diri.

Gempa terasa sampai ke wilayah kabupaten Humbang hasundutan dan seperti di Kecamatan Lintongnihuta sempat mengalami kabut selama dua jam dan jarak pandang hanya 100 meter.

Gempa pertama berkekuatan magnitudo 6,0 terjadi sekitar pukul 02.28 WIB.
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencapat Pusat gempa berada di darat, 15 kilometer barat laut Tapanuli Utara.

Tak berselang lama, gempa kembali terjadi dengan magnitudo 5,1. Gempa tercatat pukul 02.50 WIB dan lokasi 4 km timur laut Tapanuli Utara.

Hampir satu jam kemudian, gempa kembali terjadi. Kali ini gempa berkekuatan magnitudo 5,0 tercatat pukul 03.37. Titik gempa berada 1 km timur laut Tapanuli Utara.

Gempa kembali menggoyang Tapanuli Utara dan sampai juga ke wilayah Humbahas sekitar pukul 04.03 WIB. Gempa berkekuatan magnitudo 3,9 ini juga terpusat di darat 4 km tenggara Tapanuli Utara.

BMKG mengimbau agar masyarakat di Tapanuli Utara dan sekitarnya untuk tetap waspada terhadap gempa bumi susulan yang bisa saja terjadi. (Demak Siburian)

print

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.