WCD Tahun 2023, Pemuda Mamuju Tengah Kolaborasi Pemkab Gelar Aksi Bersih – bersih

Mamuju Tengah572 Dibaca

MATENG, WARTATODAY.com – Ratusan warga Mamuju Tengah (Mateng), Provinsi Sulawesi Barat, dari berbagai latar belakang melakukan aksi bersih-bersih dalam rangka memperingati World Cleanup Day (WCD) 2023, Jumat (15/9/2023).

Aksi bersih-bersih tersebut dipelopori sejumlah Organisasi Kepemudaan dan Dinas Lingkungan Hidup serta didukung penuh Pemerintah Kabupaten Mamuju Tengah.

Ketua Panitia Pelaksana, Gibran Ap menjelaskan, World Cleanup Day (WCD) atau hari bersih – bersih se Dunia adalah aksi sosial global tahunan yang mengajak masyarakat di seluruh dunia untuk turut membersihkan dan menjaga kebersihan bumi.

Suasana senam sebelum aksi pembersihan

“World Cleanup Day tahun 2023 adalah hari Pembersihan terbesar di Dunia, dan ditahun 2023 ini diikuti 191 Negara, 38 provinsi dan 13 Juta Relawan” jelasnya.

Gibran juga menyebutkan, WCD di Kabupaten Mamuju Tengah pertama kali dilaksanakan pada tahun 2019 dan berlanjut di tahun 2020, namun di tahun 2021 dan 2022 tidak dilaksanakan karena mewabahnya Covid 19.

“Alhamdulillah di tahun 2023 ini, WCD kembali dilaksanakan” pungkasnya.

Ia berharap, ditahun-tahun berikutnya kegiatan WCD terus dilaksanakan dan melibatkan banyak pihak lagi.

Selain itu, adanya aksi bersih-bersih tersebut dapat memberi motivasi dan semangat kepada masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mamuju Tengah, Zulkifli Anwar yang turut ikut dalam kegiatan tersebut mengapresiasi Semangat Pemuda dan Masyarakat dalam melakukan aksi bersih-bersih.

Dirinya juga berharap, kegiatan WCD terus dilaksanakan di kabupaten Mamuju Tengah setiap tahunnya.

“Kita berharap, kegiatan ini lebih besar kedepannya” harapnya.

Hal senada disampaikan Bahri Hamsah, Asisten 1 Setda Mamuju Tengah mewakili Pemerintah Kabupaten, Ia berharap kegiatan bersih – bersih ini terus digaungkan.

“Selain membantu Pemerintah dalam penanganan Kebersihan, kegiatan ini juga memotivasi masyarakat untuk menjaga lingkungan” ujarnya.

Kedepannya Ia berharap semua elemen terlibat, khususnya Masyarakat setempat.

Aksi WCD tahun 2023 dilaksanakan di beberapa titik, diantaranya lokasi Pasar lama Topoyo, disekitar jalan Trans Sulawesi serta ditempat – tempat rawan sampah lainnya.

Kegiatan juga dirangkaikan dengan pemberian door prize dan senam.

Pantauan awak media, Hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten 1 Bidang Pemerintahan mewakili Bupati, Pimpinan OPD lingkup Kabupaten Mamuju Tengah, Polres Mamuju Tengah, Sejumlah Organisasi Kepemudaan serta Para Ratusan Relawan WCD.- (Sandi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *