Bupati Toba: Jangan Mudah Menyerah Terapkan Filosofi Catur

SPORT, Toba1,132 Dibaca

TOBA,WARTATODAY.com – Bupati Toba, Poltak Sitorus mengajak masyarakat Toba khususnya atlet catur maupun penggemar catur memahami filosofi catur yang tidak mudah menyerah, suka tantangan ,tahu berpikir 10-20 langkah ke depan.

“Berpikir panjang adalah prinsip catur yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari,” kara Poltak Sitorus saat menutup Turnamen Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Cup 2023 di Sopo Bontean Venue F1H2O Lapangan Sisingamangaraja XII Balige, Senin (25/9/2023).

Menurut Poltak Sitorus, penerapan filosofi catur yang tidak mudah menyerah ini bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari seperti apa -apa saja yang bisa dilakukan meningkatkan perekonomian keluarga.

“Ketika raja catur kalah, tidak akan menyerah, kesempatan berikutnya mengubah strategi yang lama. Terus pakai strategi baru sembari berinovasi memperbaiki.Kalau orang Batak bilang, Pature Torus Torus Pature,” pesannya.

Turnamen Percasi Kabupaten Toba ini diikuti 48 atlet dengan sistem Swiss 7 babak catur klasik yang digelar selama tiga hari sejak Sabtu (23/9/2023).

Ketua KONI Maradona Siregar dalam kesempatan ini mengatakan pihaknya ikut terlibat mencari bibit atlet catur mengisi slot atlet PON Sumut Aceh nantinya.

“Peringkat 1 sampai 5 akan disiapkan dan bisa peringkat 6 sampai 10 menjadi sparring partner,” katanya.

Disebutkannya adalah sebagai kebanggaan bersama kalau ada atlet catur perwakilan dari Percasi Kabupaten Toba mengikuti PON.

Maradona juga menyampaikan ucapan terima kasih atas perhatian dan bantuan Bupati Toba akan bantuan papan catur.

Ketua Percasi Toba, Tumbur Simanjuntak menyampaikan melalui turnamen ini diharapkan akan ada juga atlet catur yang akan mengikuti pertandingan kejuaraan daerah tingkat provinsi ,PON bahkan melahirkan predikat master nasional.

Hasil Turnamen Percasi Kabupaten Toba Tahun 2023 adalah Saut Hutapea (Kecamatan Laguboti) meraih sebagai juara 1, di peringkat ke-2 Francis Siahaan (Balige), juara 3 Sondang Sibarani (Prosea),dan juara 4 ditempati Naibaho (Silaen). Bupati Toba Poltak Sitorus ,Ketua KONI Toba, Ketua Percasi Toba, Penasehat Percasi Toba,Leincam Pardede dkk secara berturut menyerahkan trophy dan uang pembinaan kepada para juara.

Selanjutnya kepada 20 atlet terbaik di urutan berikutnya , masing-masing diberikan suvenir dan uang pembinaan.- (MCToba / SJ)

print

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *