oleh

20 Ribu Bibit Ikan Nila Unggul ditebar di Panyabungan

-EKONOMI & BISNIS, SUMUT-Dibaca : 419 Kali

MADINA, WARTATODAY.COM – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi bersama Ketua TP PKK Provsu Nawal Lubis Edy Rahmayadi menebar sedikitnya 20 ribu bibit ikan nila unggul di saluran irigasi di Kelurahan Panyabungan II, Kecamatan Panyabungan Kota, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Jumat (21/12/2018).

Edy mengharapkan, benih ikan yang ditebar, beberapa bulan kemudian dapat dimanfaatkan masyarakat. Selain untuk memenuhi kebutuhan gizi, juga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. “Karena itu mari sama-sama kita jaga,” ucapnya.

Penebaran bibit ikan tersebut, kata Gubsu, juga diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk menjaga dan merawat saluran irigasi. Sehingga terus dapat dimanfaatkan dan berfungsi untuk mengaliri lahan pertanian. “Penebaran bibit ikan disini ini nantinya akan membuat masyarakat menjaga lingkungan, karena ada yang dihasilkan dari sini,” sebutnya

Gubsu juga mengingatkan masyarakat untuk tidak lagi menggunakan jamban di aliran air atau sungai. Karena, lingkungan yang tidak sehat dapat menyebabkan stunting pada generasi mendatang. Stunting adalah sebuah kondisi di mana pertumbuhan tinggi badan seseorang terganggu, karena kekurangan gizi dan lingkungan yang tidak sehat.

Selain itu, Gubsu mengharapkan di daerah tersebut bidang pertanian dan perkebunannya terus meningkat. Gubsu berjanji akan menyiapkan segala keperluan yang dibutuhkan untuk itu.

Senada dengan Gubsu, Bupati Madina Dahlan Hasan Nasution mengatakan, penebaran bibit ikan tersebut diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, serta menjaga lingkungan hingga terawat. “Agar jamban jamban dihilangkan,” katanya.

Bupati Madina mencontohkan Bandung yang telah melakukan pembenahan sistem sanitasi di sungai ataupun aliran air seperti irigasi. Ini dilakukan untuk menjaga kebersihan air sungai dan membuat masyarakat lebih sehat seperti yang diharapkan oleh Gubsu.

Tokoh masyarakat setempat, Martua Nasution mengapresiasi kedatangan Gubsu yang secara langsung menebar bibit ikan nila tersebut. “Ini pertama kali bertemu dengan Pak Gubernur secara langsung, selama ini hanya melihat di baleho, ini merupakan satu kehormatan bagi kami masyarakat di sini,” ungkapnya.- (rel)

print

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.