oleh

Dosen Unimal, Dahlan Abdullah Raih Gelar Doktor Ilmu Komputer

-Medan, SUMUT-Dibaca : 1.166 Kali

MEDAN, WARTATODAY.COM – Dosen Universitas Malikussaleh (Unimal), Dahlan Abdullah, meraih gelat Doktor dalam bidang Ilmu Komputer, setelah menjalani sidang Promosi Doktor di Ruang IMT-GT Lantai 2 Biro Rektor Universitas Sumatera Utara (USU), Selasa (24/7/2018).

Dari hasil penelitiannya, Dahlan mengungkapkan bahwa dinilai Efisiensi Relatifnya adalah 1, dimana ada 6 Perguruang Tinggi yang memiliki nilai Efisien sedangkan Decision Making Unit (DMU) yang Nilai Relatifnya kurang dari 1 dikategorikan tidak efisien, yang juga di dapat  6 Perguruan Tinggi yang Tidak Efisien hasil pengukuran dilakukan dengan menggunakan Model DEA Charnes, Copper, dan Rhodes (DEA CCR).

Penelitian ini dilakukan di 12 Perguruan Tinggi yang tersebar di Aceh yang meliputi Perguruan Tinggi dibawah Kemenristek Dikti (PTN dan PTS) yang memiliki jenjang studi Strata 1 (S1).

“Sementara, perolehan hasil komputasi dari Model DEA CCR terdapat hasil 0.7962077 yang diperoleh salah satu Perguruan Tinggi, ini disebabkan oleh variable dari input yang tidak signifikan yang dapat mempengaruhi output,” ujar Dahlan yang juga merupakan Bendahara di komunitas Ko2pi itu.

Dahlan Abdullah berharap, kedepannya untuk melakukan penelitian tentang pengukuran efisiensi dengan menggunakan Model DEA CCR. Hal itu, menurutny, agar lebih mendapatkan hasil yang baik dan juga perlu memperhitungkan input dan output yang akan dijadikan variabel perhitungan dalam komputasi model DEA CCR.

Dahlan Abdullah berhasil mempertahankan disertasinya dihadapan pimpinan sidang, Wakil Rektor I USU Prof Rosmawati MS, dengan tim penguji luar komisi Prof Muhammad Zarlis, Rahmat W Sembiring, PhD, Promotor Prof Tulus Vor. Dipl, Math, Co-Promotor Prof Said Suwilo dan Dr. Syahril Efendi serra dihadiri Dekan Fikom USU Prof Opim Sitompul.

Judul Disertasi yang diujikan, “Data Envelopment Analysis dengan Upper Bound pada Output untuk Mengukur Efesiensi Kinerja Perguruan Tinggi” yang dilakukan pada 12 Perguruan Tinggi yang ada di Provinsi Aceh,” tersebut,  membawa Dahlan Abdullah lulus dengan Sangat Memuaskan.

Sementara Promotor, Prof Tulus Vor. Dipl, Math, M.Si menyatakan, bahwa gelar doktor yang di raih Dr. Dahlan Abdullah, bukanlah akhir dari proses belajar dan meneliti. Tapi ini, kata dia, adalah titik permulaan untuk mengabdi dan terus meningkatkan ilmu pengetahun akademis.

“Jangan cepat puas diri. Tetap rendah hati, dan tetap lakukan penelitian yang lebih produktif,” pesan Prof Tulus saat memberikan ucapan selamat pada Dahlan Abdullah, sesaat setelah dinyatakan lulus.

Turut juga hadir dalam sidang terbuka promosi doktor ini, Wakil Rektor II Unimal Dr Hendra Raza, Dekan FEB Unimal Wahyuddin Albra, SE, Wakil Dekan I dan III Dr Azhari dan Asri, ST, Kepala LPPM Dr Mohd. Heikal, Kaprodi Akuntansi Dr. M. Khaddafi, Kaprodi Sistem Informasi Sayed, M.Kom, Aademisi Dr Janner Simarmata dari Universitas Negeri Medan yang juga pendiri Komunitas Kolaborasi Publikasi Indonesia (Ko2pi),- (js)

print

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed