oleh

Sah, KPU Tetapkan Edy-Ijeck Gubernur dan Wagub Sumut Terpilih

-Medan, POLITIK, SUMUT-Dibaca : 1.141 Kali
Edy Rahmayadi – Musa Rajekshah.- (Photo : dok/ist)

MEDAN, WARTATODAY.COM – Komisi Pemilihan Umum Sumatera Utara dalam rapat pleno terbuka yang digelar di salah satu hotel berbintang di Medan, Selasa (24/7/2018) malam, menetapkan pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Propinsi Sumatera Utara (Sumut) terpilih periode 2018-2023.

Penetapan pasangan gubernur dan wakil gubernur Sumut terpilih itu dituangkan dalam SK KPU Sumut nomor 160/PL.03.7/Kpt/12/Provinsi/VII/2018. Dalam rapat pleno tersebut, KPU menyatakan pasangan Edy-Musa meraih 3.291.137 suara atau 57,58 persen.

Selanjutnya KPU Sumut menyerahkan berita acara rapat pleno itu ke Wagub Sumut terpilih Musa Rajekshah, sedangkan Gubernur Sumut terpilih Edy Rahmayadi tidak hadir dalam rapat pleno tersebut. Berita acara penetapan pasangan terpilih itu juga diserahkan kepada pasangan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus yang diwakili Ketua Tim Pemenangan Jumiran Abdi.

Usai menyerahkan berita acara, Ketua KPU Sumut Mulia Banurea mengatakan, pihaknya akan segera menyerahkan hasil rapat pleno tersebut ke DPRD Sumatera Utara untuk memproses surat pelantikan. Dengan penyerahan berita acara penetapan tersebut ke DPRD untuk menyiapkan pelantikan gubernur dan wakil gubernur terpilih, maka tugas KPU Sumut telah usai.

KPU menyampaikan rasa terima kasih kepada dua pasangan cagub-cawagub dan tim pemenangannya, parpol, serta Polda Sumut dan Kodam I Bukit Barisan yang mendukung kesuksesan pemilihan

Sebagai penyelenggara, Mulia Banurea menegaskan pihaknya telah berusaha maksimal untuk menyelenggarakan pilkada secara berkualitas. Namun pihaknya juga tidak lupa menyatakan permohonan maaf jika masih ada kekurangan yang ada, termasuk masyarakat yang tidak terlayani.

Dikethui, pada Pilgub Sumatera Utara yang digelar diikuti oleh dua pasangan calon yakni pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (nomor urut 1) yang didukung Partai Gerindra, PKS, PAN, Nasdem, Partai Golkar, Partai Hanura.

Sedangkan nomor urut 2 adalah pasangan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus yang didukung PDI Perjuangan dan PPP.- (ant)

Sumber : antaranews
print

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed