oleh

KKP Kaji Solusi Terkait Pencemaran di Danau Toba

Kawasan Danau Toba, Sumatera Utara.- (Poto : Dok Wartatoday.com

JAKARTA, WARTATODAY.COM – Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menyatakan pihaknya tengah mengkaji kebijakan yang diharapkan bisa menjadi solusi terkait pencemaran di Danau Toba yang antara lain disebabkan oleh budidaya ikan yang berlebihan di danau tersebut.

“Saat ini Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tengah mengkaji alternatif budidaya ikan di darat sebagai solusi terkait pencemaran air di Danau Toba,” ujar Edhy Prabowo dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Sabtu (14/12/2019)

Edhy menekankan bahwa pemerintah tidak akan menyalahkan masyarakat melainkan mencari alternatif agar tak menganggu sumber pendapatan masyarakat setempat. Dalam proses tersebut, lanjut Menteri Kelautan dan Perikanan, pihaknya juga menggandeng antara lain Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

“Kami sedang kaji untuk budidaya di darat. Nanti kita tarik airnya. Ini sedang kami kaji akses dan keperluan lainnya bagaimana,” katanya.

Menurut dia, untuk saat ini data terkait hal tersebut masih belum sepenuhnya lengkap karena sedang dipersiapkan. Namun, lanjutnya, pihaknya menyatakan siap untuk membangun kolam budidaya di darat, serta hal itu juga siap didukung oleh Menteri PUPR.

Pemerintah juga telah mengimbau supaya Keramba Jaring Apung (KJA) yang digunakan untuk budidaya ikan di sejumlah lokasi di Danah Toba ini tidak ada lagi karena menggangu pemandangan dan menghasilkan bau yang kurang enak.- (ant)

Sumber : antara

print

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed