oleh

Rakernas Parna Indonesia di Batam akan Bahas Empat Agenda Besar

-RAGAM, SUMUT-Dibaca : 386 Kali

MEDAN, WARTATODAY.COM – Parsadaan Pomparan Raja Nai Ambaton Indonesia atau disebut Parna Indonesia akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada tanggal 4 – 5 Meib2018 mendatang di Batam. Dan dalam Rakernas itu akan dibahas Empat agenda Besar.

Demikian disampaikan Ketua Bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Parna Indonesia, Arjon Turnip, dalam keterangan persnya, Minggu (18/3/2018) malam. Setelah mereka melakukan diskusi rencana kerja bidang Litbang, di kantor Sekretariat Parna, Jalan Pantai Timur, Medan, Sabtu (17/3/2018).

Menurut Arjon Turnip, ada empat agenda yang dibahas dalam diskusi ini, yaitu rencana kerja Litbang Parna yang akan dibawakan dalam Rakernas Parna, Pembentukan tim based kepakaran, kegiatan pengabdian masyarakat, dan rencana kegiatan Litbang.

Arjon Turnip, yang ditunjuk sebagai moderator pada diskusi ini menyampaikan pertemuan ini untuk mengumpulkan ide-ide yang secara langsung dapat dikerjakan.

Arjon juga mengusulkan ada empat kegiatan yang dalam waktu dekat akan dilaksanakan, diantaranya seminar penulisan KTI Nasional dan Internasional, sasarannya guru dan dosen, Workshop penulisan proposal, sasarannya Dosen, Workshop strategi pemilihan topik penelitian (tugas akhir) standar Internasional, sasarannya guru dan dosen, dan Bimbingan teknis drafting paten sasarannya dosen.

Wasekjen Parna Indonesia Parlin Manihuruk yang juga hadir dalam diskusi ini memberikan gambaran-gambaran terkait keadaan bona pasogit untuk menstimulasi para anggota Litbang Parna dalam membangun bona pasogit melalui pembuatan proposal.

“Untuk itu perlu dilakukan lokakarya kebutuhan masyarakat bona pasogit melalui tim Litbang Parna,” pesan Parlin.

Daulat Saragi yang merupakan dosen Seni rupa dan Desain Universitas Negeri Medan mengusulkan kegiatan pembuatan cendramata khas Samosir dan pelatihan remaja karang taruna.

Sementara untuk lokasi penelitian berupa pengembangan hasil pertanian seperti Kopi, Ubi, dan Andaliman, Naeklan Simbolon menyatakan kesediaannya untuk memberikan tempat penelitian.

Janner Simarmata juga meminta agar dilakukan workshop penulisan buku teks/ajar bagi guru dan dosen yang bisa diterbitkan oleh publisher.

Wakil Ketua Parna Indonesia HR Sitanggang mengatakan bahwa ada empat program besar Parna Indonesia yang saat ini sedang disusun yang nantinya akan dibahas oleh masing-masing komisi dalam Rakernas Parna Indonesia tersebut

Ke empat komisi tersebut adalah Komisi I membahas Penyempurnaan Organisasi dan AD/ART, Komisi II membahas Penyusunan Program Kerja jangka pendek dan menengah, Komisi III membahas Rencana Pelaksanaan Pesta Bolon di Samosir dalam rangka meningkatkan Prawisata Kawasan Danau Toba dan Komisi IV membahas Rencana Pembangunan Parhutaan (Perkampungan) Parna untuk melestarikan Budaya Batak khususnya Parna.

“Dalam pelestarian Budaya Batak, HR Sitanggang menjabarkannya lebih rinci seperti Monumen, Rumah Bolon, Rumah marga-marga, Parna yang bentuknya Rumah Batak dan besarnya sama, Museum atau peninggalan ni Ompunta Raja Naiambaton,” katanya.

HR Sitanggang didampingi Wasekjen Parlin Manihuruk memberikan dukungan dan menyatakan kesediaan untuk memfasilitasi setiap kegiatan yang akan dilakukan Litbang Parna kedepan.- (Janner Simarmata)

print

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed