oleh

211 Calhaj Sergai di Tepung Tawar

-RAGAM, Serdang Bedagai-Dibaca : 327 Kali
Bupati Sergai H. Soekirman dan Wabup Darma Wijaya tengah memasangkan kacu pada Jama’ah Calon Haji usai ditampung tawari bertempat di Halaman Kantor Bupati di Sei Rampah, Jum’at (13/7). (Foto : AR.Manik/WartaToday)

SEI RAMPAH I WARTATODAY.COM – Sebanyak 212 Calon Haji asal Serdang Bedagai (Sergai) Jum’at (13/7) di Halaman Kantor Bupati, mendapat kehormatan dari Pemkab ditandai dengan prosesi tepung tawar oleh Bupati, Wakil Bupati dan lainnya.

Pada kesempatan tersebut Bupati Sergai H Soekirman menyampaikan rasa syukurnya serta bangga karena ada pejabat Pemkab Sergai yang menjadi bagian dari rombongan pada keberangkatan jamaah calon haji tahun ini yaitu Wabup Darma Wijaya selaku TPHD Provinsi dan Ketua GOPTKI Ny Hj. Rosmaida Darma Wijaya selaku TPHD Kabupaten Sergai.

Diakuinya, segala bentuk persiapan telah dilakukan dan dilaksanakan sebaik mungkin mulai dari manasik hingga tampung tawar hari ini dan kemudian dilakukan pelepasan jemaah pada tanggal 27 Juli mendatang.

“Kepergian ini bukan pergi melancong, pergi mencari uang atau pergi mencari makan, namun kepergiannya semata-mata adalah untuk ibadah,” ucap Soekirman mengingatkan Kata ibadah adalah kata yang pengertiannya harus terus diperdalam karena didalamnya terdapat kata ikhlas dan sadar. Namun yang terpenting didalamnya adalah niatkan  untuk ibadah semata-mata  mencari keridhoan Allah SWT sehingga sesampainya di tanah air akan menjadi haji yang mabrur dan hajah mabrurah.

Dalam ibadah haji disinilah sangat lengkap dan bermakna terdapat semua ibadah yang sangat baik dari seluruh tahapannya. Oleh karenanya, bersama ini kami sampaikan doa agar para jamaah calon haji dapat melaksanakan ibadah haji dengan sebaik-baiknya dan pulang ke tanah air dengan sehat walafiat.

“Niatkan yang baik dan benar, koreksi dan instrospeksi diri agar dimudahkan dalam melaksanakan ibadah haji nantinya serta mohon didoakan Kabupaten Sergai ini dijauhkan dari bencana, pemimpin dan aparat yang korup serta hal yang tidak baik lainnya sehingga Sergai menjadi Kabupaten yangBaldatun Thoiyyabatun Warabbun Ghaffur”, ujarnya

Sebelumnya Kemenag Sergai H. Syafii melaporkan, jamaah calon haji asal Sergai awalnya berjumlah 212 orang dengan perincian Laki-laki 86 orang dan Perempuan 126 orang. Namun dengan wafatnya satu orang calon jemaah haji asal Kecamatan Tebing Syahbandar jelang keberangkatan, maka jumlah yang berangkat saat ini berkurang menjadi 211 orang. Jamaah haji tertua atas nama Sarengat (89 tahun) dari Kecamatan Sei Rampah dan jemaah termuda Mustafa Kamal (38 tahun) dari kecamatan Bandar Khalifah

Petugas pendamping berjumlah 6 orang terdiri dari petugas TPHI, TPIHI, TKHI dan TPHD Kabupaten Sergai. Jamaah calon haji asal Sergai tergabung pada Kloter 6 yang berangkat menuju asrama haji Medan pada tanggal 27 Juli 2018 dan diterbangkan ke tanah suci keesokan harinya. Pemetaan akomodasi Jemaah Haji Indonesia terbagi pada Wilayah Sektor 1 Madinah dan Wilayah Sektor 4 Mekkah,ujar Syafii

Acara juga diisi tausiyah Muballigh Prof H Muzakkir yang juga sebagai Guru Besar Fakultas Ushuluddin & Studi Islam UIN-SU Medan. Dirinya menyampaikan tausiyah tentang Memaknai Hakikat Ibadah Haji. Dalam menempuh ibadah haji harus sabar dan rela hidup di dunia tanpa terjebak keduniaan. Inilah yang dimaksud dengan “Haji”. Sabar dan ikhlas dalam meniti jalan kebenaran. Sabar berarti tahan uji dalam menempuh kehidupan ini. Terus bertekad menempuh jalan yang benar meski godaan dan rintangan menghadang. Orang yang sabar tak akan berhenti di tengah jalan dalam mencapai tujuannya. Sedangkan ikhlas atau rela adalah kesanggupan untuk hidup tak terkontaminasi atau tidak tercemari dunia, tidak ikut-ikutan berebut tahta, harta, yang ada dunia, pungkasnya.

Hadir juga dalam acara tersebut Ketua MUI H. Lukman Yahya,  Kepala OPD,Camat se-Sergai,tokoh agama,tokoh masyarakat,para undangan dan jemaah calon haji,- (ARM)

print

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed