oleh

Bupati Buka MTQ XVI Tingkat Kabupaten Sergai Tahun 2020

-KHAZANAH, Serdang Bedagai-Dibaca : 77 Kali

SERGAI, WARTATODAY – Bupati Serdang Bedagai H Soekirman didampingi Wabup H Darma Wijaya, resmi membuka MTQ XVI Tingkat Kabupaten Sergai Jumat malam (21/2/2020) di Replika Istana Sultan Serdang Kelurahan Melati Kebun Kecamatan Pegajahan.

Didapan para kafilah Bupati Sergai Ir H Soekirman mengatakan penyelenggaraan MTQ merupakan momen yang tepat dalam upaya menyatupadukan gerakan dan langkah seluruh komponen masyarakat yang ada di Kabupaten Sergai Tanah Bertuah Negeri Beradat dalam rangka meningkatkan pembangunan di bidang keagamaan khususnya dalam hal peningkatan kemampuan seni baca Al-Qur’an.

Melalui kegiatan MTQ seperti ini kita semua khususnya umat Islam akan termotivasi untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan yang terkandung dalam Al-quran dalam kehidupan sehari-hari,ujar Soekirman.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan hubungan harmonis antara pemerintahan dengan masyarakat sehingga dapat lebih baik, sebagaimana yang tertuang dalam tema penyelenggaraan kegiatan ini yaitu ” menjadikan Al-Qur’an sebagai pondasi generasi muslim yang unggul, inovatif dan berkelanjutan.

Bupati menggambarkan,Nabi Muhammad SAW telah berpesan kepada kita semua ” tingkatkan pada kamu sekalian dua perkara yang kamu tidak akan sesat apabila kamu berpegangan teguh kepada keduanya yaitu kitab Allah dan Sunnah Nabinya.

Pesan yang disampaikan Nabi pada 14 abad silam ternyata sampai saat ini masih relevan. Jika kita lihat saat ini banyak fenomena-fenomena yang begitu memprihatinkan. generasi muda kita banyak terjebak pada jurang kenistaan dimulai dari pola pergaulan bebas, penyalahgunaan narkoba bahkan sampai menjurus kepada tindak kriminal yang begitu meresahkan.

Lebih jauh dikatakannya, pengguna narkoba di Indonesia didominasi oleh kaum muda begitu juga dengan fenomena begal yang menjamur di berbagai daerah di semua wilayah di Indonesia juga didominasi oleh kaum muda.
Ini merupakan tanggung jawab kita, untuk menyelamatkan generasi kita dari jurang kenistaan dan jurang kehancuran. Oleh karenanya, Wabup mengajak semua yang hadir untuk kembali mendekatkan generasi muda kita pada nilai-nilai Qur’ani,ucapnya.

Mari kita bangkitkan lagi generasi gerakan ” Maghrib Mengaji” mulai dari tingkat dusun diseluruh Surau/Mushola dan Masjid yang ada di lingkungan kita sehingga melalui kegiatan ini anak-anak dan generasi muda kita dikenalkan dengan Al-Qur’an sejak dini,ucap Soekirman.

Sebelumnya,Sekdakab Sergai H.M Faisal Hasrimy selaku Panitia menyampaikan, penyelenggaraan MTQ ke XVI tingkat Kabupaten Sergai memiliki maksud dan tujuan sebagai wadah meningkatkan kemampuan seni baca Al-Qur’an sekaligus memberikan motivasi kepada masyarakat untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi kandungan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu untuk mengembangkan seni budaya yang Islami dalam meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Kemudian MTQ ke XVI Kabupaten Segai tahun 2020 diikuti sebanyak 742 peserta dari 17 Kecamatan se-Sergai.(ARM)

print

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed