oleh

Bupati Sergai Tinjau Panen Perdana Sei Nagalawan

SERGAI, WARTATODAY.COM – Bupati Serdang Bedagai H Soekirman tinjau panen raya perdana di Dusun III Desa Sei Nagalawan Kecamatan Perbaungan,Senin (20/7/2020).

Pada kesempatan tersebut Bupati mengatakan,bahwa hingga saat ini telah melakukan peninjauan kondisi lahan pertanian, irigasi serta usaha perikanan air tawar dari masyarakat yang kreatif dan inovatif, mampu menyesuaikan dengan kondisi dan iklim yang ada.

Soekirman menjelaskan, syarat bertani itu adalah tanah, air, iklim, dan ada SDM-nya. Untuk unsur tanah, ada bermacam-macam jenis, dan tanah di Sergai ini tergolong subur karena dibentuk oleh dataran banjir. Sementara itu untuk unsur air, dahulu masih sulit para petani mendapatkan air, yang dimasa pemerintahan Erry-Soekirman membuat program bagaimana agar petani di Sergai ini berkecukupan air.

Hal demikian kami tindaklanjuti dengan pembangunan bendungan utama Sei Ular, disusul dengan bendungan lainnya seperti Bajayu, Sei Bamban, dan irigasi lainnya sehingga saat ini sudah mengairi ribuan hektar lahan petani, terangnya.

Dikatakan Soekirman, dalam hal SDM Pemkab Sergai sangat mengapresiasi usaha dan kegotongroyongan masyarakat petani disini dengan berswadaya bersama membangun dan memperbaiki saluran irigasi untuk lahan yang ada.

Ini merupakan bentuk nyata para petani disini sangat inovatif dan mandiri. Di sini juga perlu disampaikan bahwa tidak semua irigasi merupakan urusan kabupaten, karena juga terdapat urusan provinsi dan pemerintah pusat, kata Soekirman.

Sebelumnya Ketua Kelompok Tani Suka Maju Rony Purba menyampaikan aspirasi dan mohon petunjuk tentang permasalahan irigasi, kelangkaan pupuk, infrastruktur jalan, serta pemberdayaan masyarakat khususnya UMKM, usaha perikanan dan pertanian.(ARM)

print

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed