oleh

Bupati Soekirman Tutup  MTQ XIV dan FSQ XV Tingkat Kabupaten Sergai  Tahun 2018

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman didampingi Wabup Darma Wijaya bersama unsur Forkopimda tengah menyerahkan piala kepada Camat Perbaungan peraih juara umum I MTQ XIV dan FSQ XV Tahun 2018.( Foto :  AR.Manik/wartatoday)

PEGAJAHAN I WARTATODAY.COM – Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XIV dan Festival Seni Qasidah (FSQ) XV tingkat Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Tahun 2018  yang berlangsung selama 5 (lima) hari  secara resmi ditutup oleh Bupati Ir. H. Soekirman bertempat di Alun-alun Replika Istana Sultan Serdang Kelurahan Melati Kebun Kecamatan Pegajahan, Jum’at (20/4) malam.

Turut hadir dalam perhelatan akbar tersebut Ketua DPRD H.Syahlan Siregar, ST, Wabup Sergai Darma Wijaya, Ketua TP PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman, Ketua GOPTKI Ny. Hj. Rosmaida Darma Wijaya, Ketua MUI H. Luckman Yahya, Ketua FKUB Drs. H. Irfan El Fuadi Lubis, Wakapolres Sergai Kompol Edi Bona Sinaga, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Camat se-Sergai, Muspika Kecamatan Perbaungan, tokoh agama, tokoh masyarakat, ribuan undangan dan masyarakat serta para kafilah dari berbagai daerah se-Sergai.

Dalam sambutanya Bupati Seergai Ir. H. Soekirman menyampaikan kegiatan MTQ XIV dan FSQ XV ini sarat dengan syari’at Islam akan menjadi mubazir jika tidak memberikan bekas dan pengaruh terhadap perilaku dan kehidupan masyarakat muslim. Untuk itu kedepannya sangat diperlukan perhatian dan keterlibatan yang sungguh-sungguh serta bertanggung jawab seluruh komponen umat Islam dan jajaran pemerintah. Hal ini dilakukan agar penyelenggaraan MTQ dan FSQ ini dapat memberikan manfaat dan pengaruh positif bagi pembinaan kehidupan keagamaan ditengah-tengah masyarakat.

“Selama beberapa hari ini kita melihat begitu banyak potensi dan bakat dibidang Musabaqah dari anak-anak dan generasi muda kita. Hal ini merupakan sesuatu yang menggembirakan bagi saya selaku Bupati Sergai ditengah kondisi perilaku generasi muda yang telah terkontaminasi oleh derasnya efek negatif arus informasi dan globalisasi ternyata masih ada anak-anak dan generasi muda yang tekun untuk mempelajari dan meningkatkan pemahaman dibidang seni Islami,” kata Bupati.

Lebih lanjut disampaikan Bupati bahwa hal ini menjadi catatan penting bagi kita semua agar tradisi ini tetap dipertahankan dan tentunya dengan terus melakukan perbaikan-perbaikan diberbagai hal terutama pada proses pembinaan anak-anak dan generasi muda dibidang pemahaman Al-Qur’an, ujar Bupati Soekirman.

Sementara itu Ketua DPRD H. Syahlan Siregar, ST dalam sambutannya mengemukakan bahwa MTQ dan FSQ merupakan sebuah wahana dalam rangka memacu pengembangan tilawah, hafalan serta pendalaman isi Al-Qur’an . Selain itu juga untuk menumbuhkan semangat dalam membaca dan menghayati kalam ilahi. Mendalami isi dan mengamalkan ajaran Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari sudah menjadi suatu keniscayaan dan dipandang sebagai kebutuhan bagi setiap muslim sehingga bukan sekedar tumbuh dan layu dalam semusim saja, papar Ketua DPRD.

Di akhir penutupan kegiatan tersebut, diumumkan para pemenang lomba MTQ XIV Tahun 2018 yaitu Juara I diraih oleh Kecamatan Perbaungan, Juara II Kecamatan Dolok Merawan, Juara III Kecamatan Pantai Cermin, Juara Harapan I Kecamatan Teluk Mengkudu, Juaran Harapan II Kecamatan Tebing Tinggi, Juara Harapan III diraih Kecamatan Pegajahan.

Sedangkan untuk FSQ XV Kecamatan Perbaungan kembali memboyong peringkat pertama, pada urutan kedua diraih oleh Tebing Tinggi dan urutan ketiga diraih oleh Kecamatan Serba Jadi.(ARM)

print

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed