oleh

Momentum Hari Jadi Serdang Bedagai ke-15, Portal Satu Data Tentukan Arah Kebijakan Pembangunan

-KOLOM, Serdang Bedagai-Dibaca : 550 Kali

Penulis : ABDUL RAHMAN MANIK
Media : Wartatoday.com

Hari jadi Kabupaten Serdang Bedagai ke-15 yang jatuh pada 7 Januari 2019 merupakan momentum  bagi Pemerintah Kabupaten dalam menentukan arah kebijakan pembangunan dengan menjadikan Portal Satu data sebagai strategi untuk mewujudkan visi dan misi Pemkab Serdang Bedagai yang di nakhodai Ir H Soekirman dan H.Darma Wijaya yang resmi dilantik 17 Februari 2016.

Sejalan dengan usianya,Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai harus terus melakukan perubahan-perubahan atau inovasi dalam kerangka mewujudkan harapan dari seluruh masyarakat.

Inovasi terus dilakukan diberbagai bidang termasuk dengan melakukan langkah-langkah pengelolaan data dan informasi dalam menetukan arah kebijakan pembangunan.Portal Satu Data adalah merupakan salah satu strategi yang harus dilakukan Pemerintahan Soekirman-Darma Wijaya agar arah kebijakan pembangunan yang akan dilakukan dengan perencanaaan dapat tercapai dengan terukur.

Strategi ini nantinya akan memberikan manfaat dalam meningkatkan kulitas arah kebijakan Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai.Dengan Portal Satu Data akan membantu dalam menentukan atau mengambil setiap keputusan.Selain itu,melalui sistem ini tata kelola arah kebijakan pemerintah akan lebih efektif,efisien,dan akurat sehingga dapat tercipta sebuah kebijakan yang tepat sasaran serta terukur.

Setiap informasi dari masyarakat yang masuk sangat membantu pemerintah dalam membuat sebuah kebijakan pembangunan.Semua informasi yang didapat melalui pengelolaan satu data akan sangat mempengaruhi sistem arah kebijakannya. Artinya sangat tidak mungkin Pemkab Serdang Bedagai dapat menunaikan arah kebijakan pembangunannya tanpa adanya masukan atau informasi yang tersistem.

Pembangunan yang dilakukan saat ini tidak terlepas dari adanya alur koordinasi dari semua elemen masyarakat yang ada,baik Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang terdiri dari Pemerintah Kabupaten, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Kejaksaan,dan Kepolisiaan.

Dengan adanya Portal Satu Data ini akan lebih memperbaiki alur koordinasi dan kapabalitas sebuah sistem antar instansi.Dengan sistem ini masukan-masukan dari semua instansi akan terkoordinir dengan baik.

Arah kebijakan pembangunan Pemkab Serdang Bedagai melalui Portal Satu Data ini tentunya juga akan lebih meningkatkan fungsi pengawasan publik terhadap Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai dalam melakukan dan menentukan arah kebijakan.Masyarakat akan mudah melakukan pengawasan guna mengurangi penyelewengan seperti tindakan korupsi dengan adanya sistem transparansi yang memungkinkan terbukanya sistem data.Intinya dalam hal ini masyarakat sangat terdorong berpartisipasi dalam melakukan pengawasan atas setiap kebijakan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten.

Portal Satu Data akan memberikan peningkatan atas pelayanan kepada masyarakat Serdang Bedagai, dimana akan terbuka lebar-lebar akses bagi masyarakat untuk memperoleh dan menggunakan data sesuai dengan apa yang dibutuhkan dan bisa berkontribusi dalam peningkatan pelayanan publik.Selain itu tentunya masyarakat dapat memberikan masukan atas kualitas capaian  dari arah kebijakan pembangunan yang dilakukan pemerintah.Sebagai contoh kecil, saat ini Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai sedang gencar-gencarnya melakukan pemerataan pembangunan infrastruktur diseluruh wilayah yang ada.

Apa yang dilakukan ini tentunya membutuhkan informasi bagi Pemerintah Kabupaten apakah jalannya pembangunan infrastruktur tersebut sudah dilakukan sesuai dengan ketentuan atau juknisnya.Disilah dibutuhkan umpan balik dari masyarakat apakan pembangunan itu sudah berjalan dengan baik. Tentunya dengan adanya keterbukaan informasi dalam Portal Satu Data ini akan sangat memudahkan bagi masyarakat.

Pemerintahan Soekirman dan Darma Wijaya,dalam menentukan arah pembangunan sesuai dengan perjalanan waktu terus melakukan inovasi guna mencapai visi misi dibidang pembangunan.Dengan Portal Satu Data sangat diharapkan akan mampu memberikan inovasi-inovai yang lebih baik dengan adannya keiikutsertaan masyarakat.Informasi dari masyarakat yang tentunya banyak bermunculan di sistem satu data ini diharapakan akan memunculkan inovasi yang mauaranya akan bisa memberikan sebuah kebijakan bagi pemerintah.Semua informasi masyarakat yang masuk dalam Portal Satu Data adalah sebuah sumber utama bagi Pemerintah Kabupatenn Serdang Bedagai untuk melakukan inovasi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Sebuah contoh adanya pembuatan gula merah dari pohon sawit di Kecamatan Pegajahan baru-baru ini adalah sebuah inovasi baru yang sangat bernilai ekonomis dan bisa menunjang pendapatan masyarakat jika mau memanfaatkan pohon sawit yang sudah tidak berproduksi lagi. Nah informasi seperti ini dengan adanya sistem Portal Satu Data akan bisa diperoleh masyarakat lain untuk juga melakukan hal yang sama.

Dengan sistem ini akan muncul kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai dengan masayarakat dalam melakukan evaluasi dan meningkatkan inovasi guna mencapai meningkatnya pelayanan terhadap masyarakat.Pengusaha dengan adanya informasi lewat Portal Satu Data akan mudah mengakses informasi yang bernilai ekonomis dan akan melihat akan adanya potensi pasar sehingga akan menciptakan sebuah produk dari inovasi baru berdasarkan data tersebut. Dengan Satu Data ini tentunya petani pembuat gula merah dari pohon sawit juga tidak perlu lagi susah-susah menjual hasil produknya karena pengusaha telah memperoleh informasi dan akan langsung turun ke tempat pembuatan produksi gula merah tersebut.

Bagian terpenting dari sebuah sistem Portal Satu Data ini,Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai akan lebih memudahkan evesiensi.Portal Satu Data akan memudahkan dalam menggali serta mengakses semua data setiap instansi yang akan dapat mencegah terjadinya pengulangan data.Masyarakat juga terfasilitasi dalam memberikan peran serta mengawasi data Pemerintah Kabupaten.

Pada akhirnya sistem Portal Satu Data ini sangat memudahkan bagi Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai dalam menentukan arah kebijakan pembangunan yang meberikan akses mudah bagi masyarakat untuk sama-sama melakukan jalannya pembangunan. Usia kelimabelas Kabupaten ini adalah sebuah usia remaja yang tentunya harus berbenah dengan melakukan berbagai inovasi-inovasi guna mewujudkan harapan masyarakat.Dengan Portal Satu Data ini berharap Kabupaten Serdang Bedagai ini akan terus maju dan lebih baik dengan kabupaten lain yang ada di Negara Kesatuan Republik Indonesia.***

print

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed