oleh

Pjs Bupati Sergai Kunjungi dan Bantu Warga Korban Banjir

-Serdang Bedagai-Dibaca : 21 Kali

SERGAI,WARTATODAY.COM – Pjs Bupati Serdang Bedagai H Irman langsung turun mengunjungi warga yang terdampak banjir, Sabtu (28/11/2020) di Dusun VI dan VII, Desa Bah Sumbu Kecamatan Tebing Tinggi. Masih tingginya curah hujan di pengujung tahun 2020 menyebabkan beberapa wilayah di Kabupaten Sergai terendam banjir.

Irman menginformasikan, ada ribuan Kepala Keluarga (KK) yang tersebar di sembilan Kecamatan di Kabupaten Sergai yang terdampak bencana banjir. Selain itu, banjir kali ini juga merendam ribuan hektare lahan persawahan/kebun di Sergai dan menyebabkan puso atau gagal panen di beberapa tempat.

“Kita tentu sangat prihatin dengan kondisi ini. Saya mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada mengingat intensitas hujan yang tinggi masih terus terjadi,” katanya.

Irman menjelaskan pihaknya langsung mengkoordinasi OPD terkait untuk menjalankan aksi cepat penanggulangan termasuk BPBD Sergai juga ikut serta menyediakan bantuan sembako berupa beras, mi instan, makanan kaleng dan air mineral, serta bantuan perahu karet dan menyiagakan Satgas bencana. Kemudian Dinas Kesehatan pun akan mendirikan posko kesehatan dan turut serta berkoordinasi dengan Camat dan Kepala Desa di masing-masing wilayah terdampak banjir.

Selanjutnya Dinas PUPR akan melakukan tindakan perbaikan tanggul di beberapa titik yaitu di Meriah Padang, Basumbu dan Sibarau (Tebing Tinggi), Simalas (Sipispis), Sei Putih (Sei Bamban) dan Sei Belutu (Dolok Masihul), kata Irman.

Menurut Irman, selain debit air yang naik akibat cuaca ekstrim, ada faktor banjir kiriman yang mengakibatkan bencana ini terjadi. Banjir kiriman ini, sebutnya, berasal dari daerah dataran tinggi seperti Simalungun dan Siantar.

“Kita tentu sangat prihatin dengan kondisi ini. Saya mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada mengingat intensitas hujan yang tinggi masih terus terjadi,” katanya.

Turut mendampingi Pjs. Bupati dalam tinjauan ini, Kadis PUPR Johan Sinaga, SE, MAP, kepala BPBD Hendri Suharto, SH, MAP, Camat Tebing Tinggi Drs. Rudi Irwansyah, Kades Bah Sumbu serta Babinsa dan Babinkamtibmas Kecamatan Tebing Tinggi.(ARM)

print

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed