oleh

Pusat Baksos TNI Manunggal KB-Kes dan Harganas XXV Sergai di Desa Bingkat

-Serdang Bedagai-Dibaca : 555 Kali

PEGAJAHAN I WARTATODAY.COM – Desa Bingkat Kecamatan Perbaungan jadi pusat pelaksanaan Bhakti Sosial TNI Manunggal KB Kesehatan dan Hari Keluarga Nasional ke XXV Kabupaten Sergai,Selasa (28/8) di Lapangan  Sepak Bola.Bupati Sergai Ir. H. Soekirman, Kajari Sergai Jabbal Nur, SH, MH, Waka Polres Sergai Kompol Edi Bona Sinaga, Kakan Kemenag Sergai Drs. HM Syafii, MA,dan Ketua MUI Sergai.

Bupati Ir. H. Soekirman mengajak, dengan semangat gotong royong dan sinergi kita jadikan Kampung KB sebagai poros keluarga berkualitas yang diperkuat dengan konsep keluarga berkumpul, berdaya, bersatu dan peduli terhadap lainnya. Oleh karenanya mari kita mulai untuk meningkatkan kebersamaan dalam keluarga agar tercipta keluarga yang harmonis.

Dikatakan Bupati bahwa pada hari ini kita uangkapkan rasa cinta keluarga, cinta terencana dan cinta indonesia. Hal ini untuk mengunggah semangat keluarga dan masyarakat, karena seluruh bangsa Indonesia bersatu padu hingga akhirnya kita dapat masuk dalam ranking 4 besar Asia pada perhelatan Asian Games yang banyak mengukir prestasi, katanya.

Terkait dengan program kependudukan bahwa kita semua harus bersatu untuk penguatan dan percepatan sasaran program kependudukan. Dalam urusan pemerintah daerah mesejahterakan keluarga dan KB masuk dalam nomor  12 yang terdapat pada PP No.38 tahun 2007.

” Urusan ini wajib karena target didalamnya menyangkut pengendalian penduduk dan mensejahterakan keluarga. Oleh sebabnya  dimulai dari Camat, Kades dan Lurah dan Istri Camat harus bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat sehingga target pengenda.ian penduduk dan KB dapat tercapai,” pinta Bupati.

Sudah 40 tahun KB dicanangkan, jika KB tidak dicanangkan maka akan terjadi ledakan penduduk. Jika penduduk meningkat maka kebutuhan akan bahan pangan juga akan meningkat .
Oleh karena itu untuk mengantisipasi kondisi seperti ini khususnya produktivitas pertanian harus ditingkatkan seperti halnya negara Cina dan India meskipun penduduknya banyak namun mampu mengekspor beras ke luar negeri. Hal ini menandakan bahwa negara- negara ini memiliki masyarakat dengan SDM yang mumpuni untuk peningkatan produksi pertanian, pungkas Bupati.

Sementara Ny. Hj. Marliah Soekirman selaku Ketua Panitai mengatakan,acara diawali dengan gelaran pencak silat dan tari persembahan,bertujuan untuk meningkatkan peran serta pemerintah dan pemerintah daerah, mitra kerja dan swasta tentang pentingnya penerapan dan fungsi keluarga serta pembentukan karakter sejak dini dengan konsep pendekatan keluarga berkumpul, berinteraksi, berdaya serta peduli berbagi.

Dengan mengangkat tema ” Hari Keluarga : Hari Kita Semua dengan membawa tagline Cinta Keluarga, Cinta Terencana, Cinta Indonesia”.
Sedangkan untuk memeriahkan acara dilaksanakan berbagai lomba diantaranya, lomba PLKB Teladan, Lomba Institusi Masyarakat Pedesaan ( PPKBD dan Sub PPKBD), Lomba Kader BKB, lomba Kader BKR, Kader BKL, loamba Kelompok UPPKS, KB lestari 15 tahun, lomba PIK R/M.

Kemudian Kabupaten Sergai memperoleh juara sebanyak 5 (lima) kategori  lomba, sebagai juara I Tingkat Provinsi yang dilanjutkan ke tingkat nasional. Adapun pemenang tersebut diantaranya juara II PLKB Teladan atas nama Devi Dwi Yana Utami dari Kecamatan Pantai Cermin, juara I lomba IMP (PPKBD) atas nama Yusdiana dari Desa Jati Mulyo Kecamatan Pegajahan, ungkap Hj Marliah.

Ditempat yang sama Ketua Umum Revitalisasi Program KB-Kes Lettu Inf. Sucipto menyampakan,pencanangan Bhakti Sosial KB-Kes di wilayah Kodim 0204 Deli Serdang yang bekerjasama dengan BKKBN merupakan hasil koordinasi  serta keterpaduan program dari seluruh Dinas/Instansi terkait dengan Pemkab Sergai.
Kemudian melakukan Komunikasi, Informasi dan Edukasi home visit KB bagi masyarakat Kecamatan Pegajahan. Melakukan pelayanan KB permintaan masyarakat selama 3 bulan mulai Juli-September 2018, tukas Inf. Sucipto.

Dandim 0204/DS Letkol Arm H. Asep Hendra Budiana, SH, MM diwakili oleh Mayor Inf. Dumaris Silalahi mengatakan bahwa program KB-Kes melalui kegiatan ini merupakan wujud nyata seluruh stake holder dukung upaya pemerintah kurangi laju pertumbbuhan penduduk.

Program KB-Kes melalui kegiatan ini juga merupakan salah satu implementasi dari kesepakatan bersama antara BKKBN dan TNI dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan kehidupan masyarakat melalui pelayanan KB dan Kesehatan untuk mewujudkan ketahanan masyarakat yang merupakan basis Ketahanan Nasional dalam rangka meningkatkan Ketahanan Negara dan Bangsa Indonesia.

Untuk itu Dandim berharap agar program KB harus menjadi gerakan yang diterima oleh seluruh kalangan masyarakat diwilayah Kabupaten Sergai. Selain itu juga kepada para petugas di lapangan agar dalam memberikan pelayanan diupayakan semaksimal mungkin meliputi tentang informasi, advokasi dan konseling yang jelas serta terpadu sehingga masyarakat benar-benar langsung dapat merasakan manfaatnya.

Kegiatan yang dilaksanakan hari ini diwarnai dengan Pelayanan KB gratis dengan target 100 akseptor, pelayanan kesehatan umum, dan gelar dagang kelompok UPPKS. Selain itu penyerahan hadiah bagi para pemenang lomba Bhaksos TNI KB- Kes tahun 2016. Selain itu, kegiatan juga diwarnai dengan drama kolosal dari PIK R Desa Bingkat Kecamatan Pegajahan.(ARM)

print

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.