oleh

Soekirman :”Kualitas SDM Butuh Pondasi Pendidikan dan Pengetahuan”

-PERISTIWA, Serdang Bedagai-Dibaca : 309 Kali

SEI RAMPAH, WARTATODAY.COM – Dalam rangka pengembangan kualitas SDM dimasa mendatang dibutuhkan pondasi yang kuat dimasa kini berupa pendidikan dan pengetahuan bagi generasi muda yang kelak menjadi penerus kepemimpinan di Tanah Bertuah Negeri Beradat. Demikian arahan Bupati Serdang Bedagai Ir H Soekirman dalam upacara Hari Kesadaran Nasional di Halaman Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Kamis (17/1).

Hal tersebut disampaikannya berkaitan dengan sebanyak 280 orang telah lulus sebagai tenaga baru (CPNS) , namun tenaga baru tersebut masih dalam masa percobaan selama satu tahun.
Dilain hal, Bupati menyampaikan bahwa sejak 14 Januari lalu BPK RI perwakilan Sumut telah bertugas mengaudit di Sergai. Untuk itu dihimbau kepada seluruh ASN agar selalu koperatif dalam memberikan informasi terkait yang dibutuhkan BPK.

Dilain hal, Bupati menyampaikan bahwa sejak 14 Januari lalu BPK RI perwakilan Sumut telah bertugas mengaudit di Sergai. Untuk itu dihimbau kepada seluruh ASN agar selalu koperatif dalam memberikan informasi terkait yang dibutuhkan BPK.

Dirinya menekankan pejabat maupun ASN untuk dapat mempelajari aturan, SOP termasuk Undang-Undang (UU). Mengapa memahami hal ini penting,sebab kita hidup pada era teknologi informasi dan transparansi,ujarnya.
Pada era ini pula masyarakat berhak bertanya tentang pemerintahan. Dan kita selaku penyelenggara pemerintahan haruslah bisa menjawab segala pertanyaan yang masyarakat sampaikan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, katanya.

Terkait HKN Bupati meminta,hendaknya menjadi awal yang baik bukan sekedar penegakan disiplin semata namun dapat menjadi sarana untuk meningkatkan kekompakan dan kebersamaan sehingga tercipta rasa kekeluargaan antar sesama Aparatur Sipil Negara.

Bupati juga menyinggung hasil monitoring dan evaluasi (Monev) Korsupgah KPK RI 11 Januari 2019 dimana Serdang Bedagai secara nasional menempati posisi 33 dari 542 Pemprov/Pemda dengan persentase 82 % dan untuk Sumatera Utara nomor 2 dari 34 Kabupaten/Kota.

Adapun delapan aspek yang dinilai
dari Monev yakni Perencanaan dan Penganggaran APBD 75 % ( se Sumut peringkag 24),Pengadaan barang dan jasa 75 % (peringkat 1 Sumut),Pelayanan Terpadu Satu Pintu 89 % (peringkat 5 Sumut),Kapabilitas APIP 86 % (se Sumut peringkat 1),Manajemen ASN 80 % ( peringkat 6 se Sumut), Dana Desa 100 % (peringkat 2 se Sumut),Optimalisasi Pendapatan Daerah 88 % ( peringkat 5 Sumut) dan Manajemen Aset 77 % (peringkat 20 se Sumut.)

Hadir dalam acara tersebut Wabup Sergai H Darma Wijaya,Sekdakab Drs. Hadi Winarno, MM, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas serta ratusan ASN Pemkab Sergai.(ARM)

print

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.